Best Choreography

Kali ini mau ngomongin soal tari menari lagi ah. Pada bosen gak ya? Semoga enggak ya. Hehehe. Di laptop gue sekarang dalem folder “dance”nya coba tebak ada berapa video?

…..

….

..

248 video azuuuuah!

Banyak banget yah? Dan video dalem folder ini internesyenel choreographer/dance crew semua, kalo yang dari Indonesia beda folder lagi soalnya! Gila gue kayanya menjiwai banget yah dunia tari menari ini?! Hahaha. Kalo ada yang komentar “Lo segitu getolnya sama dunia tari tapi lo bisa nari gak?!” Hmm… emang orang yang suka nonton bola harus diwajibkan bisa main bola? Hahaha. Bisa lah sikit-sikit, sisa-sisa kejayaan masih ada kok!😀

Gara-gara suka main ke berbagai channel choreographer/dance crew di youtube, gue jadi gak kuper-kuper amat lah. Contohnya dulu pernah dikenalin temen sama salah satu choreographer ibukota dan temen gue bilang “Si Monce ini dulunya nari juga loh…” eh langsung di tes dong bok guah ditanya “Choreographer favorite lo siapa?” spontan gue jawab “Kalo laki sih Kyle Hanagami, perempuannya Parris Goebel…” Eh orangnya langsung nyerocos “Iya Parris Goebel sih keren banget emang. Lo udah nonton HHI tahun ini belom?” ALHAMDU…LILAH! Lulus ujian akik! :)) Dese bilang banyak anak-anak yang ngaku dancer begitu ditanya choreographer favoritenya siapip malah jawabnya dance crew, begitu dipancing satu nama choreographer yang harusnya sih semua dancer tau secara Agnez Mo aja ditanganin dia eh anaknya pasang muka cengo sambil ngomong “Siapa tuh? Aku gak tau…” Onde mandeeee! Hahaha.

Nah dari 248 video itu gue mau kasih tau list 10 video yang paling sering gue tonton dan tentunya yang menurut gue paling kece ya.😀 Namanya juga ART, apa yang gue bilang bagus belom tentu lo bilang bagus. Ini masalah selera. Kenapa gue bilang begini? Soalnya dulu ada temen gue (btw, dese kayanya gak begitu suka dunia seni sik entahlah) begitu gue sodorin tonton satu video tanggapan dia “Ah ngebosenin… bikin ngantuk!” #eaaaa Waktu itu gue masih lugu sik, mulut belom terlatih. Coba kalo udah terlatih kaya sekarang pasti gue ceplosin lagi “Lebih ngebosenin nonton video anak balita joget-joget lypsinc nyanyi gak jelas sik!” *bukalukalama* Hahaha. Ah udahlah yuk kita bahas video nya satu per satu :

Keone Madrid & Mari Martin – Don’t Stop The Music

Dulu gue pertama kali mau nonton video ini antipati duluan secara Don’t Stop The Music kan so last year banget. Eh ternyata pake versinya Jammie Cullum (yang mana lebih bagus daripada versi Rihanna *digebokmbakriri*) dan berakhir nganga begitu liat koreografinya. Rapih, romantis tapi kagak lebay. Soalnya banyak di luar sana yang bikin koreografi berbau romantika anak muda jatoh-jatohnya lebay, akrobat ana ini ono tapi feelnya gak ada. Edaaaaan bahasa gue… kalo ada yang mau ngadain cup boleh loh contact gue buat jadi jurinya! Hahaha.

Jordan & Tadd

Orang-orang yang ngikutin So You Think You Can Dance pasti gak asing deh sama mereka berdua. Kenapa gue suka video ini? Soalnya booook yang namanya gonta ganti pasang lepas baju ketika performance itu gambling banget! Susahnya amit-amit. Pas latihan mungkin aja lancar, tapi lo gak tau kan pas di stage gimana? Lebih sedetik aja udah bubaaaar maning! Setiap choreographer/coach punya set macem begini pasti deh hati ketar ketir kalo anak didiknya lomba. Takut bajunya gak kebuka atau takut bajunya gak keganti. Monce gimana? Oh…. Iya… Gue udah pernah kok telat masuk stage gara-gara perihal ganti baju ini! Makanya gue bisa nyerocos panjang lebar, ya karena udah pengalaman ceu… Mana waktu itu on air pula. Intinya sih di saat temen-temen gue udah masuk stage lagi, gue masih bergumul mau pake jacket di back stage dan baru masuk lagi ketika udah ganti blocking! Kalo gue blockingnya di belakang sih gak apa-apa ya, muasalahnya waktu itu guaaa harusnya di paling depan secara badan kan bantet ya.. Yaoliiiih, besoknya begitu evaluasi malu gilaaaa tatapan semua tertuju ke akik loh!!! *purapurapengsan*

Pacman, Hok, Moon – iTut

Video ini bikin spikles deh! Udah tonton aja, apelagi apple fanboy, musti wajib kudu nonton!🙂 3 dancer paling wahid ini begitu si Steve Job isdet langsung bikin video yang didekasikan buat dese. Kenapa videonya dinamakan iTut? GUE TAUUUUKKK! Jadi gini ya bok semua product nya si Opa Steve kan pasti depannya berbau “i” kan? Itu lah asal muasal huruf “i” nya dipilih. Sedangkan “Tut” itu singkatan dari “Tutting”, Tutting tuh apose? Bedanya sama Shuffling apa? Kalo shuffling cuma loncat gesek kaki kiri kanan kiri kanan dan menurut lo itu susah, nah Tutting ini 10 kali lipat lebih susah. Konsennya ke gerakan tangan, pokoknya satu video ini koreografinya pake teknik tutting semua deh, makanya kalo mau tau musti nonton ya! Hihihi. Monce bisa gak? Menurut ngana? Gue download tutorialnya kan di youtube, searchingnya aja pake keyword “Tutorial Easy Tutting” 2 apa 3 video gitu sempet gue download. Eh baru praktek 15 menit udah migren, langsung gue hapus videonya!! Hahaha.

Request Dance Crew – HHI 2010

Ini dance crew perempewi yang mana leadernya adalah… Parris Goebel yang tadi di awal udah gue mention. Awal pertama kali ngeliat video mereka gue langsung cinta secinta-cintanya soalnya mereka enerjik gitu kan. Kalo dikasih theme song mungkin yang cocok adalah “THIZZZ GURRRL IS ON FAYEEEEEER” Hahaha. Eh rasa cinta akik sekejap dirusak oleh… R. Biasalah gue kalo nemu video bagus pasti kasih unjuk dia kan (secara dese demen juga..) tanggapan dia baru beberapa detik “Ce! Ce! Ulang deh kayanya tadi ada yang jatoh…” Histeris dong akik “Hah? Ngaco lo bencooong. Ini video kan udah gue tonton berpuluh-puluh kali, gak ada yang jatoh ah. Lagian ini group yang menang loh!!” Dia tetep ngotot suruh ulang dan…. BENAR SODARAH-SODARAH HADIRIN HADIROT ADA YANG JATUUUH bangun aku mengejarmuuuu pas ganti blocking. Kok bisa-bisanya gue gak tau? Mana jatohnya model yang nyusruk gitu muka ketemu lantai, yaoliiih tapi hebatnya si cewe langsung bangun lanjutin koreo tanpa nengok memastikan gerakannya udah sampe mana. Pokoknya acting yang bener-bener kayak gak terjadi apa-apa padahal mah kalo batin bisa berbicara pasti udah teriak “Wuanjeeeeeeng!” Hahaha. Mau tau gimana jatohnya? Nonton video ini dari awal dan fokus ke bagian kiri!😀

Homegrown

Homegrown ini bentukannya Andrew Baterina (choreographer kondang juga di Amriki). Sebenernya gue rada males sih liat satu group rame-rame begini, gak fokus aja jadinya mau liat yang mana. *halah* Tapi kelebihannya rame-rame begini kalo lupa-lupa dikit gak bakal ketauan penonton dan bisa lirik sebelah juga (inget lirik yeee bukan nengok! Hihihi). Kekurangannya atau kesusahannya karena rame-rame begini musti dipikirin bener konsepnya gimana, udah rame-rame terus gak ada yang bikin penonton ‘nganga’ udah deh siap-siap aja dapet lemparan botol aqua kalo gak diteriakin “WAKTU HABEEEES! WAKTU HABEEEESSS!”Hahaha.

Jabbawockeez

Jabbawockeez ini dance crew pelopor orang nari pake topeng. Di Indonesia? BUANYAAAAAAAK BANGEEEET malih yang niru! Gak usah di Indonesia sih di Malaysia juga banyak kok. Duh… sebenernya terinspirasi sih boleh-boleh aja tapi kalo plek ketiplek apa bukan niru? Pake topeng monyet kek! Topeng chucky kek! Topeng nini thowok kek! Emang jenis topeng cuma itu thok? Duileeeee… sewot amat bu?! Hihihi. Dance crew indang mulai terdengar gaungnya *tsaaah* setelah jadi juara ABDC Season 1. Btw, pas liat video di atas gue rada shock soalnya baru pertama kali liat ada orang perform mau pake lagu Bohemian Rhapsody!😀

Quest Crew

Mungkin kalo nonton video ini lo sedikit familiar sama mukanya terus mikir “eh kayanya gue pernah liat mereka deh… dimana ya? Duh dimana ya?”. Gue tau jawabannya. Lo kemungkinan besar melihat mereka di music video LMFAO. YAP!!! Mereka ini yang bikinin choreonya LMFAO mulai dari yang paling hits “Party Rock Anthem” sampe ke video berikut-berikutnya “I’m Sexy and I Know it”, “Champagne Showers”, dan “Sorry for Party Rocking” pokoknya muka mereka muncul terus deh. Borongan, em? Hahaha. Kalo dibilang official dancernya LMFAO sih bukan ya tapi waktu LMFAO tour pasti deh mereka diajak dan leader group ini  yang mana berarti nyumbang ide paling banyak itu adalah Hok (Hokuto Konishi) itu loh yang rambutnya cuma setengah kepala. LOL. Btw, gue punya cerita. Dulu secara gak sengaja gue ketemu account facebooknya HOK gara-gara dia kan pernah dateng ke Indo singkat cerita salah satu dancer ibukota (masih satu circle juga) tuh photo sama dia terus upload plus ngetag di facebook yang mana pasti lah akurat itu official facebooknya. Gue udah girang banget dong ya, buru-buru click add as friend taunya muncul kalimat yang intinya gak bisa lagi di add soalnya banyak orang yang udah ngeadd dia dan itu pun belom di respon. PUATAAAAAAH HATIIIIKUUUUH!!! Padahal udah niat pengen kepo isi facebooknya apa aja sih! Hahaha. Tapi patah hatiku sudah terobati kok semenjak…. Follow instagramnya!!! :)) :))

ABDC Seasons 1-6

BAGOOOOOOOOOOOSSSSSSS!!!! Ini kompilasi dance crew yang ikutan ABDC dari season 1-6.  Gak semuanya jadi pemenang sih, tapi sebagian besar yang emang jadi pemenang. Ada Jabbawockeez, Quest Crew, Poreotics, I Am Me dll.

Bubblegum Dance Crew

Ini isinya ani-ani koci semua, walopun gitu kecil-kecil cabe rawit. Buktinya aja pas HHI 2011 dapet gold medal buat kategori Junior. Btw, akik suka sama celananya. *salahfokus* Pokoknya semua yang berbau aqua blue sukiiiii….😀 <<< mulai gak tau mau komentar apa lagi. Hahaha.

Poreotics – Tic Tic Tour

Kurang afdol kalo gak menyertakan mereka ya. Padahal dulu udah pernah gue pejeng di sini berhubung semua post gue babat habis dan kembali mengulang dari awal makanya masukin mereka juga dong di dalam list.😀 Oh ya kalian pernah liat MV Bruno Mars yang The Lazy Song gak? Pasti pernah ya secara kan itu lagu hits bener dulu. Nah orang-orang yang pake topeng monkey di belakang Bruno Mars itu…. mereka loh! Mereka yang bikin choreo monyet geleng-geleng kepala segala macem, pas akik tau  itu mereka gak heran sik secara mereka nih emang demen ngelakuin apa yang kayanya gak mungkin orang lakuin. Kalo orang mikir mereka think out of the box gue rasa malah mereka udah gak ada “box” nya lagi deh makanya bisa kaya begono! Dance crew lain mah kalo diajak artis kolaborasi pengen unjuk skill pengen unjuk muka kan di layar minimal bisa kasih tau ke keluarga “Mama! Liat aku ada di MV Bruno Mars di detik sekian sekian sekian” ini mah mereka malah milih pake topeng monkey dari awal sampe akhir. Gilingaaaan!!!! Hahaha.

Akhirnyaaaaa udah 10 jugaaaaak…. Gue tau yang baca pasti capek, apelagi yang nulis malih? Menyaring 248 video menjadi 10 itu susah loh bagaikan disuruh… memilih satu kue tart di etalase toko kue untuk diberikan ke pacar ketika ulang tahun! *mulailagi* Hahaha. Nanti mau bikin post buat dance crew lokal juga deh. *ketagihan*😀

Monica Krisna

Leave a Reply

