How Did You Make First Money?

images

rapgenius.com 

Dapetin uang itu susah cyin, yang gampang tuh pas ngabisinnya. Hahaha. Pasti yang baca ini pada ngira gue ngehasilin duit pertama kali gara-gara jualan, TETOT ANDA SALAH! Hahaha. Uang pertama yang kuhasilkan itu dari kegiatan bertapa gue di tempat lama  alias nari. Nari ini butuh effort lebih besar loh kalo gue pikir-pikir daripada jualan. <<< lu aja nyet yang berasa kaya gitu bakat gak ada sik *ditoyor*😀

Nari kan musti ngehafalin choreo yang mana nih pernah ya jadi ceritanya mau ikutan lomba, H-seminggu baru latihan choreo dari awal sampe akhir baru semua, ketebak dong nasib Monce gimandose? YESZZ MEGAPH MEGAPHH CONQQQ! Hahaha. Nah di satu paket 4 x 8 menjelang akhir gue ini kesulitan banget, maklum dong ah otak gue kan berasep digeber dari awal ye kan… Anak lain udah hafal, gue baru hafal 2×8 dan guru gue dari depan ngomong rada kenceng…

“Monic. Kamu hafalin yang bener ya, kalo kamu gak hafal paket itu hari ini juga, aku ganti aja deh sama anak yang lain…”

DZIGGGGG.

SEMUA MATA TERTUJU PADAKUHHHH….

Lutut langsung lemes, air mata udah ada di ujung kelopak, muka pucat! Hahahaha. Langsung kan ye tuh akika maksa otak untuk berpikir secara jernih. Singkat cerita, juara 3. Bukan karena gue ada salah choreo gara-gara otak gue ini yang kapasitasnya memble, tapi karena emang ada yang lebih bagus ajah. Hahaha. Pokoknya dulu mah gue yang namanya hafalin choreo selalu diserahkan sama tetua-tetua yang gahar deh. Tangan oglek dikit aja langsung disuruh stop dan dibilangin “Monic tangannya yang bener… Nih kaya gini nih liat aku *sambilnunjukkin* Kamu jangan suka bikin gaya-gaya sendiri ya! Nanti hitungannya jadi beda entar kamu kecepetan sendiri…” Kenyang akuh kenyang!!! Hahahaha.

Bandingkan dengan berjualan, modalnya mulut gue doang. Akikuk ini orangnya gak supel mau ngomong secara intens sama orang yang emang udah deket aja. Tapi entah mengapa ketika dihadapkan dengan urusan berjualan yang mana berkaitan dengan dutrek, mulut gue ini bereaksi  deh jadi manis banget. Selama jualan dulu gak pernah sekalipun bilang “Ayooo dong cobain makanan yang gue jual….” gak pernah. Heran kan? Emak bapak gue aja dulu suka bingung kenapa banyak yang beli ya soalnya image (asli) gue kalo di rumah tuh beda, alias diem jutek galak. Gak bakalan ngomong deh kecuali dipancing. Taurus kan gitu…. mau senyum dan gaya tertawa model apa yang mau ditunjukkan? Tinggal di setting aja! Hahaha.

Jualan ini pun banyak kenangannya. Segala sesuatu yang bersifat kenangan pasti berharga deh buat Taurus, makanya sampe suka jalan mundur kan. Moonwalk kali ah :)) Diibaratkan Instagram mah Taurus tuh kebanyak throwbacknya nyet! Hahahah. Selain nari, jualan, pernah juga sih bantuin si A, B, C dalam berbagai kesempatan yagitudeh Monce…kalo diminta mah hayuk aja.😀

Ah gue jadi inget satu kejadian pas jualan di sebuah event besar. Bakso goreng akikuk yang hits itu lah! Hahaha. Baksonya kan ada berbagai jenis gitu, gak sih satu jenis doang toppingnya aja beda-beda! :)) *edisigamaurepot* Nah ada 2 cewek nih beli dari awal gue udah jelasin kan gak pake topping sekian pake topping sekian sekian, yaudah akhirnya nih dua cewek beli yang gak pake topping.

Begitu baksonya dikasih dan udah orangnya bayar juga, salah satunya ngomong “Mbak saya minta mayonnaisenya yah….” (mayonnaise itu salah satu toppingnya) GUA BENGONG! MBAK YANG BANTUIN AKIK NGANGA! Bengong gue dan si mbak belum hilang dia langsung ambil sendiri mayonnaisenya di meja sambil bilang “Mbak… jangan pelit-pelitlah sama pembeli….” WHAAAAATTTT?! Temennya udah tengsin (gue liat mimik mukanya) eh nih orang dengan gak tau malunya masih nawarin ke temennya “Eh lu mau kagak pake mayonnaise?” temennya normal ye otaknya kagak geser makanya langsung nolak.

Setelah si kucrut itu pergi gue cuma bisa elus dada dan bilang ke si mbak yang bantuin gue “Udahlah mbak gak apa-apa toh mayonnaise segitu gak bakal bikin kita rugi, ikhlasin aja” gue bilang begini sekaligus menenangkan hati gue sendokir sih plus men-brainwash dia supaya gak usah cerita-cerita sama temen gue yang bantuin akik jualan. Tapi ya setelah meladeni cewek resek itu, langsung banyak yang dateng sampe baksonya habis loh. Gila gak sih!?!? Tuhan tau banget gue paling benci ketemu orang yang gak punya attitude dan menghargai penjual kaya gitu makanya dikasih cobaan kan lewat tuh cewek, untung ye otak gue lagi waras waktu itu… Kalo gak mah udah beda cerita. Hahaha.

Sekian cerita kali ini semoga menginspirasi para penjual apapun itu lah baik di toko ataupun online shop untuk bersabar menghadapi pembeli :))

Monica Krisna

Leave a Reply

