Perihal Menghakimi

“Judging someone doesn’t define who they are but it shows how ignorant you can be”

Gue manusia biasa. Biasa banget. Sering khilaf. Kalaupun gue lagi gak khilaf, semua orang tetap menganggap gue berdosa kok. #ifyouknowwhatimean😀 Tapi, gue lama kelamaan jadi bebal sendiri. Dulu gue sering banget nangis karena kekurangan-kekurangan yang ada di dalam diri gue, yang semua orang bilang bisa diubah padahal sampe nangis darah turun berok iris nadi juga gak bakalan bisa. Kok gue berani keluarin statement gini? Ya karena gue udah pernah nyoba untuk menjadikan diri gue sebagai apa yang menurut orang lain ideal.🙂

Tapi semakin hari gue semakin sadar kalo yang berhak untuk menghakimi gue cuma satu, Tuhan. Sesama manusia? Ngapain ngedengerin? Sok kuat ya gue? Hehehe. Pasti gue dengerin kok omongan tuh orang tapi semakin hari semakin gue sadar umur gue udah mau 20, gue gak tau umur gue sampe sepanjang apa jadi daripada buang waktu ngeladenin orang kaya gitu mending gue langsung delete aja orangnya dari kehidupan gue. Buat apa terus-terusan keep orang kaya gitu?

Karma menurut gue itu ada. Menghakimi orang gausah nunggu sampe sebulan dua bulan setahun lo juga bakalan dihakimi kok sama orang-orang malah bisa jauh lebih parah. Setiap kita mau melakukan sesuatu mending tanya sama diri sendiri “Mau gak diperlakukan kaya begini juga?” Logikanya lo buang taik di depan rumah orang, ya kemungkinan orang itu bales dengan peperin tuh tai di muka lo sangat besar. Tapi kalo lo kasih bunga ke orang, tuh orang juga bakalan bales kasih bunga yang jauh lebih wangi Semua manusia sama. Kalo dijahatin ya bakalan jahatin balik, kalo dibaikin yang bakal balas budi.

Sekarang ini sering banget ngeliat dan ngedenger sendiri kalo cewek tattooan terus ngerokok langsung di cap gak bener. Btw, gue gak punya tattoo dan gak ngerokok jadi contoh ini bukan pembelaan pribadi semata ya. Sampe sekarang gue gak ngerti…. apa hubungannya tattoo dan rokok sama attitude? Tattoo di badan, rokok diisep mulut, attitude ditentuin sama hati dan logika seseorang sebagai manusia. Ada hubungannya gak tuh?

“Don’t feel particularly shallow for judging someone on their appearance”

Lebih gilanya lagi gara-gara seseorang demen ajojing di club langsung dicap berdosa. DUILEEEEEH…. lu malaikat? That’s why gue bencik sama orang yang bawa-bawa dosa dan ajaran Tuhan, dikira komentarin dan menghakimi kehidupan seseorang kagak dosa apah?

Kalo gue sendiri sih menganggap setiap orang tuh dilahirkan berbeda. Bentuknya aja udah beda secara kita manusia dibentuk Tuhan bukan mesin fotocopy, yaudah jelas pemikiran dan pilihan hidupnya beda-beda.

Dia suka clubbing tiap hari kamis nonton gogo boys.

Lo gak suka.

Apakah kegiatan clubbingnya ngeganggu kehidupan lo?

Lo demennya ngehabisin waktu di rumah buat baca buku?

Karena lo lebih suka baca buku daripada pergi ke club, mau gak lo disebut manusia kuper?

Gue sih udah tau rasanya dinilai rendah karena beberapa hal yang ada di dalam diri gue makanya bisa koar-koar panjang lebar kan. Kalo emang ada yang mau menghakimi mending ngomong langsung, kalo di internet macem ask.fm mah ketahuan banget nyalinya segimana. Bahkan gue udah wejangin ke semua temen-temen gue “Kalo ada yang tanya-tanya gue suka siapa apa gimana? Lu harus jawab ‘Kemana aja lu? Seisi surga dan neraka udah tau bahkan dia sekarang udah pindah tongkrongan dari Ap ke BKS… Basi!'” Hahahaha.

“To judge someone by their weakest attribute is like judging the power of the ocean by one wave”

Monica Krisna

Leave a Reply

