Basa Basi!

Gue adalah type orang yang gak bisa basa basi busuk. Makanya suka heran sendiri kalo mau ada di situasi yang mana emang diharuskan basa basi dulu…. MATIK GAK LO? Hahahaha. Contoh situasi dimana lo harus basa-basi yaitu :

1. Ketemu gebetan

2. Ketemu client

3. Ketemu temen lama

4. Ketemu sodara

5. KETEMU SIAPA AJA LAH YANG GAK DEKET-DEKET AMAT SAMA LO. Soalnya kalo udah deket pasti langsung cuwawakan cekekekan tanpa perlu basa basi. Hihihi.

Kalimat andalan basa basi gue cuma ada dua yaitu “Eh! Hai! Sama siapa….?” ini biasanya dipake kalo gak sengaja ketemu temen atau siapalah. Kalo yang udah direncanakan ketemu baik itu gebetan/client/temen lama/sodara akik biasanya ngomong “Eh gimana tadi macet gak di jalan?”

Gila basi banget gak sih gue udah 2014 masih tanya jalanan macet apa kagak?! Please deh, kalo dipikir-pikir lagi…. kapan Jakarta kagak macet nyet?! Hahaha. Tapi ya… jurus tanya macet apa enggak itu menurut gue ampuh loh soalnya biasanya yang gue kasih pertanyaan itu menjawab dengan senang hati baik dilihat dari nada bicara ataupun ekspresi wajah. IYE! Gue kan rumpi, semua detail diperhatikan😛

Gue tuh sampe sekarang menetapkan tanya macet apa enggak sebagai pertanyaan basa basi karena gue udah ngerasain yang namanya basa basi busuk bikin hati gue kesel sekesel-keselnya. Kalimat basa basi busuk yang paliiiiiiiing sering dilontarkan di kehidupan itu adalah

“Eh… udah lama gak ketemu! Gendutan ya sekarang……!!!!”

*sumbupendektersulut*

*asahgergaji*

*cekokinasetonkemulutnya*

Plak ! Plak ! Plak !

Udah kehabisan topik basa basi ya? Dan percayalah, setiap ada temen/sodara/siapapunlunyet yang basa basi gak jauh-jauh dari komentarin fisik/ komentarin kenapa gue 3 tahun ini single/ komentarin kenapa gue gak kuliah gak kerja pula jobless (dulu… sekarang udah gak ada yang berani ngomong kaya gini :P) bla bla bla…. sebaik apapun dia orangnya di mata gue nilai dia langsung minus 9.375689 dari 10. Ini bukan sekedar omong belaka ya soalnya beberapa bulan lalu ada tante gue yang dateng ke rumah tau-tau ngomentarin gue gendutan langsung akik bales :

“Udah deh! Baru dateng langsung komentarin badan…. kaya gak ada topik lain aja loh buat basa basi…!”

Emak gue langsung sibuk kode-kode ke tante gue bilang aku tuh sensitif anaknya yagitudeh…. Soalnya emak gue tau kalo gue udah kesel sama orang kagak pandang bulu bakal gue cuekin! Yang dirumah? SEMUA UDAH PERNAH KEBAGIAN JATAHNYA MASING-MASING! Hahahahaha. YA MENURUT NGANA AJEEEEE?! Hih.

Kalimat basa basi yang gak ada habisnya :

  • Kapan kuliah?
  • Kapan lulus?
  • Kapan kerja?
  • Mana pacarnya?
  • Kapan mau kawin?
  • Kapan mau punya anak?
  • Kapan mau nambah lagi?

Si G aja sampe dari yang emosi sampe udah bebal sendiri ditanyain pake modus basa basi emak bapak, sepupu, sodaranya, semuanya dah “Mana pacar kamu?” “Kamu jangan terlalu sibuk sama kerjaan makanya…” “Inget loh umur kamu udah berapa…” Dia bilang pas digituin sama semua anggota keluarganya dalem hati dia tereak-tereak “Gue udah punya pacar nyeeeeet! Masalahnya adalah…. pacar gue gak bisa bikin hamidun tuh. Gimana dong?!”  BANGKEEEEEEE!😆😆😆

Lain G lain pula si Nad, setahun sekali bisa kehitung pulang ke rumahnya berapa kali. Sebagai kakak yang baik dia mengibahkan tugas sebagai anak ke adiknya, bangke gak noh?! Hahaha. Dese bilang “Bukannya gue gak sayang mak bapak gue cong, masalahnya tiap kali pulang atau makan bareng itu lagi yang diungkit itu lagi yang diungkit (re:mana pacar dan kapan kewong), mental Capricorn gue langsung kelindes deh digituin. Petuahnya aja sampe bisa gue inget di luar kepala. Bayangin dah….” Antara ketawa dan sedih juga sih ngedenger cerita si Nad dan gue mulai ketakutan beberapa tahun kedepan akan mengalami hal yang sama *mulaiberlebihan*😛

Intinya, kalo mau basa basi tuh mending pilih topik yang gak menyangkut privacy biar orang yang ditanya juga gak sakit hati. Kalo masih mau kaya gitu juga, balik lagi ke diri sendiri “Mau gak diperlakukan seperti itu?”😀

Monica Krisna

Leave a Reply

