Mata Kuliah Marketing Komunikasi

1-shutterstock_92987323

www.connection2.com

Banyak orang yang bertanya-tanya anak Marketing Communication belajarnya apaan sik? Di pandangan orang awam marketing yaudah masalah gimana pinter-pinternya lo berbicara aja, semua orang dari lahir udah diajarin berbicara terus ngapain dong pake kuliah segala? WADUH, JELAS SALAH BESAR YAH PEMAHAMAN SEPERTI INI! *sodorin-textbook-introduction-to-communication-science*😆

Namanya pun Marketing Communication yang kalau diterjemahin ke Bahasa Indonesia artinya Komunikasi Pemasaran. Komunikasi dengan tujuan memasarkan barang dan jasa sudah tentu dong berbeda dengan komunikasi yang kita lakukan sehari-hari karena kita harus tahu dulu nih sama siapa kita berbicara, umurnya berapa, latar belakang keluarganya gimana, jabatan dia di kantor gimana, dan masih panjang lagi list-nya. Kita musti tahu segala macam tentang target pasar produk kita sudah tentu dong dengan tujuan membuat strategi yang ampuh untuk menarik konsumen dari pasar yang sudah kita tetapkan. Paham gak nih? Kalo gak paham gue bisa loh menjelaskan lagi. Kita mah anaknya jiwa Komunikasi banget paham deh kalo komunikasi harus ada feedback, kalo lo gak kasih feedback cuma angguk-angguk kepala doang malah gue yang resah dan mikir “Duh pesan yang gue sampaikan bisa komunikan terima dengan baik gak yah?” Ahahaha😆😆😆 #ANAKKOMUNIKASIBANGETCOY

Kali ini gue bakal jelasin singkat mengenai mata kuliah yang gue dapetin di Semester 1 kemarin apa aja jadi buat anak yang berminat masuk Marketing Communication (Public Relations) di Binus khususnya ada gambaran nih bakal belajar apa aja. Yukmari….

Philosophy of Communication

Kenapa kita di semester 1 udah dijejelin sama yang namanya Filsafat dalam konteks Komunikasi? Karena supaya mahasiswa/i terus kritis dengan apa yang terjadi di sekitarnya apalagi anak Komunikasi yang mana dunia Komunikasi itu sifatnya dinamis. Emang ya gue akui pelajaran ini kalo lo gak merhatiin dosen secara bener-bener bakalan modar pas ujian tapi mata kuliah ini membentuk pribadi diri lo menjadi lebih kritis dan peduli loh kepada hal-hal yang bahkan sifatnya sepele. Kenapa gitu? KARENA PRINSIP FILSAFAT ADALAH SELALU DIAWALI DAN DIAKHIRI DENGAN PERTANYAAN. Jadi, jangan heran kalo lo tanya ke dosen filsafat lo lalu kemudian lo ditanya balik. Hahaha. Oh ya dosen gue pernah bilang, kalau kalian tidak bertanya berarti kalian tidak berpikir. Ih! Bapak tau aja saya diem duduk di belakang nahan ngantuk sambil buka Path & Instagram!😆😆😆

Introduction To Communication Science

Gue udah pernah nulis disini kalo mata kuliah ini salah satu favorite gue karena dosennya kalo jelasinnya bikin mahasiswa ngerti gak bolak balik kanan kiri gak ada juntrungannya walaupun dese ini type dosen yang “ketat” kalo masalah nilai. Bukan pelit loh tapi dia ini type dosen yang menilai tulisan lo ada bobotnya gak kalo gak ada ya wassalam, sampai ketemu di kelas SP atau nanti lo musti downgrade sama mahasiswa di bawah karena gak buka kelas (mahasiswa yang SP kurang dari 10 orang). AMIT-AMIT……!

Mata kuliah ini mempelajari definisi Komunikasi itu sendiri secara detail lengkap kap kap dan akurat, Sejarah Ilmu Komunikasi, Proses Komunikasi terjadi, Aspek-aspek Komunikasi, banyak daaaaaah. Intinya dari A sampe Zet isinya theory semua!  Kalo lo merasa anak IPS pasti demen dah mata kuliah yang isinya hafalan semua😆

Sociological and Anthropology in Communication Context

Ini sebagian besar belajar Sosiologi zaman SMA sik. Gak jauh-jauh dari mempelajari pola perilaku masyarakat deh. Sedihnya di mata kuliah ini gue dapet dosen yang kritissssss banget secara dese dosen di UI juga. What do you expect?😦 Bayangin, UTS kayanya gue udah jawab secara detail dan jelas banget karena disertai oleh contoh begitu liat hasilnya…. LEMES AKIKA NEK! Cuma dikasih nilai 72. 72 tuh bukan apa-apa di World Class University karena sekarang untuk dapet nilai A minimal lo harus  dapet 90. Ditambah pas UAS kemaren kepala gue juga mendadak sakit pas liat soalnya, SUSAH! Keluar kelas pala udah berasep syaraf udah lodoh-lodoh semua kendor. Maaf yah jadi colongan😛

English In Focus

Di Binus kalo lo pas tes masuk hasil tes toefl diatas 500 maka lo akan terbebas dari mata kuliah English in Focus baik pas pelajaran ataupun ujian (ini berlaku di semua jurusan). Tapi kalo jij adalah type-type orang yang gak jago-jago amat Bahasa Inggrisnya kaya gue mau gak mau selama 6 bulan ‘kena’ sama mata kuliah English In Focus. Belajarnya sama aja kaya pas SMA kok mulai dari writing, listening, reading, dan speaking. So far, gue, temen sekelas, temen lain kelas gak ada yang ngeluh buat mata kuliah ini🙂

Pengantar Ilmu Politik

Orang yang nanti di masa depan akan terjun di dunia Komunikasi kan harus menguasai seluruh bidang ya termasuk politik, karena gak menutup kemungkinan loh kita kerjanya di bidang ini. *dadah-dadah-sama-alumni-binus-si-konsultan-para-politisi-indonesia*😛 Karena baru pengantar tentu aja kemaren di Semester 1 ini gue belajar tentang tata negara mulai dari sistemnya, partai politik, tokoh-tokoh pemimpin di Indonesia, yadda yadda yadda.

Btw, Dosen gue orang Golkar nih dia suka curhat-curhat gitu deh keadaan di dalem Golkar gimana. KOCAK! Pernah suatu kali ada tugas mata kuliah dia terus gue googling “Nama depan dia + Binus” sebenernya cuma mau kepo nama lengkap dese sama gelar nya apaan secara cover paper kan dimana-mana musti lengkap ya bok. Eh tak disangka dese famous loh di dunia Politik banyak artikel tentang dia beserta tulisan-tulisan dia di internet! Pokoknya punya jabatan deh di Golkar padahal sebelumnya gue kira dia…. ya gitu-gitu aja paling jabatannya😆😆😆 Saking sering curhatnya dia mulai dari anak istri hingga calon istri keponakan (BOOOOOKKKK!!!!) gue gak punya catetan sama sekali loh selama 1 semester. Semua jawaban gue pas ujian murni hasil googling😛

Bahasa Indonesia

Mungkin banyak yang bingung ya kenapa anak semester satu kok udah dijejelin sama mata kuliah Bahasa Indonesia karena umumnya mata kuliah ini tuh muncul pas menjelang skripsi yang mana sekaligus membantu mahasiswa untuk menyusun skripsi tapi kenyataannya IYA! DI SEMESTER 1 INI AKIK HARUS BERGUMUL DENGAN MATA KULIAH BAHASA INDONESIA. Salah satu mata kuliah yang gue takut harus enroll😦

Mungkin banyak yang ngira “Lha? Masa Bahasa Indonesia aja enroll?” secara dosen gue ini profesor terus tugasnya tuh ajaib semua buat mahasiswa….. semester 1. Contoh, kita disuruh bikin artikel ilmiah minimal 10 lembar. MODYARRRR!!!! Bikinnya sambil cenat-cenut tuh. Berdoa ajah deh yang kenceng nilai Bahasa Indonesia gue bagus nanti. AMINNNNNN🙂

Intinya mata kuliah ini tuh mengajarkan tata bahasa lo nanti saat terjun di dunia kerja. Kalo bikin proposal aja gak becus bahasa-nya gimana mau di approve? Kalo nulis alamat di surat aja masih salah apa yang mau dibaca? Alamat langsung dibuang ke tong sampah. Begitu kata dosen akik. Bener sih TAPI KOK SADISSSSS AMAT😆😆😆

Speaking in Public

Mata kuliah ini mengajarkan bagaimana nih cara berbicara yang tepat baik dalam situasi pidato, diskusi, ataupun antar individu. Diajarin deh tuh gimana menganalisa audience, menentukan topik pidato, praktik bikin pidato, pidato itu sendiri banyak macemnya ada yang bersifat memberi informasi tapi ada juga yang sifatnya persuasi, yadda yadda yadda…. BANYAK DAH POKOKNYA!

7 mata kuliah diatas tadi yang selama satu semester kemarin gue hadapi. Seperti yang gue udah bilang di posting ini, Binus itu sistemnya udah diatur jadi gak ada tuh yang namanya Mahasiswa atur jadwal dan pilih mata kuliah sendiri. Pasrah aja deh kita mah terima nasib😛

Tuh udah gue kasih gambaran sedikit kan anak Marketing Communication belajarnya apa aja. Kalo dibilang anak Marketing Communication tuh santai mah salah banget yah karena namanya juga belajar pasti yang namanya tugas mah ada aja. Mau dibilang gampang juga relatif, kalo lo emang minat disini sesusah apapun pasti tetep deh lo mau keluarin effort tapi kalo gak ada minat terus iseng-iseng pilih jurusan siap-siap aja menderita. Udah ada beberapa temen gue yang keluar karena ngerasa salah pilih jurusan, makanya selain mikirin UAN penting juga loh mikirin nanti setelah lulus lo mau masuk jurusan apa🙂

Segini dulu aja ah… Kalo ada yang mau tanya-tanya, monggo. Akan gue jawab sesuai kemampuan gue ya😀

Monica Krisna

15 thoughts on “Mata Kuliah Marketing Komunikasi

  1. Pingback: Kampus Binus | .grow.glow.go.

  2. Waa terimakasih banyak kak saya jadi tau mata kuliah yg nnti akan saya nikmati😂😂
    Btw kan klo liat blognya himarcom ad table manner tuh kak. Kl boleh tau itu tentang apa yaa kak?

    • Halooo!🙂 Gue aktivis himmarcomm juga nih jadi kebetulan bisa jawab pertanyaan lo. Himmarcomm kan himpunan yang urus semua kegiatan acara yang berhubungan sama jurusan marketing komunikasi. Nah…. himpunan sendiri punya yang namanya program kerja dan salah satunya itu table manner (aslinya mah bakal banyak banget acara macem-macem).

      Table manner itu nanti kalo yang berminat bisa daftar dan kegiatannya belajar tentang attitude pas makan dan bakal kepake sih nanti kalo udah kerja. Misalnya: Lo diundang bussiness lunch/dinner terus fine dining gitu kan mempertaruhkan kredibilitas lo juga kalo cara penggunaan alat makan dan attitude lo gak tepat. So, ini bakal kepake banget. Belajarnya sendiri emang sama orang-orang yang udah expert di bidangnya dan dapet sertifikat. Biasanya diadain di bulan April kalo gak Mei.

      Sorry agak panjang jawabannya tapi semoga membantu ya🙂

      • wahh baru baca comment kakak maaf yaa
        makasih banyak kak
        sekarang saya jadi tau apa itu table manner dan apa manfaatnya
        aku baru selesai FEP dan tadi udah daftar HIMMARCOMM juga kak ^^ walau baru DP 50.000 sih hihi :p

    • Iya, jadwalnya udah diaturin sama Binus. Setau aku buat S1 gak ada jadwal kelas malem, yang ada kelas malam cuma buat S2. Tapi, kalo mau mastiin coba tanya ke admisi Binus aja. Googling website Binus di situ ada kok nomor teleponnya.

  3. Lo skrg semester brp ka? Dari cerita lo tadi ada dosen yang dari golkar kan ka? Gw mau nanya kenapa lo selama semester 1 pas ujian matkul dia bisa googling terusss?

    • Wah lo salah persepsi nih kayanya. baca blog gue. Bukan pas ujian terus pas gue kerjain, gue buka hp lalu googling. Tapi, pas belajar, gue cari materi di internet by googling dan males baca buku. Gitu.

  4. aku baru baca blog kaka yang ini, kalo untuk jurusan mass communication apa yang di pelajari mirip-mirip sama marcom ya kak?

    • Buat jurusan Mass Communication di semester 1 & 2 hampir semua masih sama kaya Marketing Communication karena belajar dasarnya dulu kaya teori komunikasi, public speaking, dsb. Mulai beda di semester 3 dan selanjutnya. Begitu yang aku tahu🙂

Leave a Reply

