Khotib di Angkot

khotib-9

masjidnurulkhoirot.wordpress.com

Seperti yang gue udah pernah tulis di posting sebelum-sebelumnya tanggal 25 kemarin adalah hari pertama UAS berlangsung. Hari Senin tuh jadwal UAS mata kuliah Entrepreneurship yang gue kira awalnya Cuma “Alaaaaaaah…. paling gak jauh-jauh dari business model canvas EH TAUNYA BANYAK LHO BAHANNYA! Jadilah, gue kagak tidur sama sekali dari Minggu Malam sampe hari Senin. Mana ujiannya dua kali pula, ujian pertama tentang teori-teori business/entrepreneurship dan ujian kedua studi kasus gitu. Semua puji tuhan ya berjalan dengan lancar walaupun MELENCENG SEMUA DARI KISI KISI!😆😆😆

Selesai ujian ke-2 tuh jam 3an, gue langsung mau balik karena:

[1] Tadi pas jeda ujian pertama ke ujian kedua udah main di kost temen. Masa balik lagi ke situ? Males! Hahahaha.

[2] Gue ngantuk ih! Belom tidur sama sekali. Apalagi belom bikin ringkasan buat besoknya.

Naik lah gue ke angkot. Orang tua gue suka bilang “Jangan mau naik angkot yang sepi”, gue justru sebaliknya. Lebih sepi lebih baik. Gue liat dari kejauhan nih angkot isinya cuma ada 3 orang. Dua orang di belakang dan satu di depan. Oke, langsung naik.

Begitu duduk. Baru juga naro pantat. Eh gue liat ada seorang bapak-bapak di depan gue lagi ngomong sama mbak yang duduk sebelah gue tapi rada jauh jaraknya karena angkotnya sepi kan. Intinya si bapak ini ceramah. KHOTIB DI ANGKOT YAOLIH. Gue masih inget banget dia ngomong “Semoga mbaknya diberikan hidayah ya Allah…. Menutup auratnya ya Allah karena blablablablabla” Si mbaknya mah udah buang muka dan bahasa tubuhnya mah kalo diterjemahin udah enek lah tapi tetep loh si bapaknya ngebacot!😆😆😆 Gue tuh baru mau mencerna si bapak ini lagi ngapain sik? Eh tapi gak lama dari gue naik, si mbaknya turun. ASEMMMMMM!!!!!!!!!

Dalem hati gue kalo ala-ala sinetron tuh udah ada suara naratornya loh karena akika langsung mikir “Waduh! Matik! Si mbaknya turun lagi, pasti gue ini korban selanjutnya! Pastik!!!!!”

Fyi aja, si bapak ini dandanannya model ulama-ulama yang biasa muncul di papan pengumuman ada pengajian akbar di jalan-jalan besar itu loh! Baju serba putih, pake peci, jenggot lebat.

Eh bener aja mak abis si mbaknya turun dan angkot jalan lagi, tau gak diana ngomong apaan ke gue?

“Mbak, Agamanya apa? Muslim?” Gue kan anak Ilmu Komunikasi ya, masa orang ajak gue Komunikasi, gue diem doang? Kan gak ens! Jadilah, gue jawab pertanyaan bapak itu lagian gue mau kepo juga apa sih yang bakal dia omongin? Kan katanya omongan seseorang mencerminkan pola pikirnya. ASYIKKKKKK. Hahahahaaha.

“Hindu”

Tau gak si bapak ngomong apaan sepanjang perjalanan setelah tau gue Agamanya apa?

“Tuhan tuh cuma satu Allah SWT. Gak boleh nyembah dewa. Itu mushyrik (gimana sik tulisannya?” Belajar masuk Islam karena blablablablablablablabla.” Terus dia dongeng singkat apa gitu lupa pokoknya ngomongnya model “Tuhannya orang Kristen bilang begini, Tuhannya orang Buddha bilang begitu, Tuhannya orang Hindu bilang begono blablablabla”

Gue gimana? Senyum aja. Gak, dia ngomong gue gak buang muka. Gue justru tatap matanya dalam-dalam walaupun setelah denger omongannya gue takut dia Kyai aliran ekstrim dan bisa cuci otak lewat hipnotis. Tapi, tetep gue dengerin aja sambil senyum.😆😆😆

giphy

Aslinya mah, gue ngakak dalam hati dan berdesis “Tololnyah orang ini!!!!!!” HAHAHAHAHA.

Terus ya….. karena gue ngaku Agama gue Hindu otomatis dia taunya gue dilarang makan daging sapi dong. Dia nih sempet ngomong gini “Di Agama Hindu dilarang kan makan daging sapi?” Terus ya karena gue makan ya gue jawab dong “Enggak tuh. Saya makan mah makan aja” Dia diem sesaat. Tapi kadung malu mungkin ya tetep aja bablas ngomong lagi “Iya. Sapi ciptaan Allah. Ayam ciptaan Allah. Makan ya makan aja. Allah SWT ciptain itu buat manusia makan”

Sebenernya nih…. sebenernya…. Gue pengen jawab loh “Babi juga ciptaan Tuhan. Boleh dong dimakan harusnya? Kenapa justru haram?” HAHAHAHAHAHA. Cuma, gue males ah ngeladenin orang gokil kaya begini, takut ikutan jadi gila kaya dese!😆😆😆

Dia ngomong apa lagi ya?

OH YA!!!!

Dese ngomong gue ini sebagai wanita harus menutup aurat. Bukan jelasin alasannya eh dia justru ngomong pake perumpamaan laki-laki dan perempuan, gini:

“Coba ibarat perempuan tuh makanan. Kalo disuruh pilih, emang laki-laki pilihnya makanan yang bungkusnya udah kebuka atau tertutup? YA TERTUTUP”

giphy (1)

HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA.

Ketawa lagi ah biar puas, yuk barengan…..

HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA.

Yamalih gue manusia hidup bernafas dan punya logika serta katanya makhluk ciptaan Tuhan yang paling mulia disamain kaya makanan yang ujung-ujungnya cuma jadi tai? *gagalpaham* Tuh bapak ngomong kesannya kaya wanita yang gak menutup aurat dikerubungin laler jadi gak bakal dipilih laki-laki deh dibandingkan perempuan-perempuan yang menutup aurat dan dia anggap jauh lebih “bersih”. Terserah lu pak….. Terserah lu pak…..

Terlepas dari mau laki-laki pilih gue apa gak, seluruh omongan dia gak relevan di kehidupan gue. Jadi….. bayangin gak sih? Udah gak relevan terus ngaco lagi! Gue cuma bisa gigit lidah aja buat nahan ketawa!!!! Hahahaha. Segmentasi pasar saya beda pak, jadi saya gak khawatir kalo laki-laki gak pilih saya. Serius deh.😆😆😆😆

Omongan dia yang paling EPIC dan membuat gue bener-bener nahan ketawa adalah saat dia tanya……

“Tau walisongo kan? Penyebar agama Islam pertama?

“Tau….”

“Saya ada keturunan walisongo. Generasi penerusnya”

“Ooooooooooooohhhhhhhhhhhhhhh”

“Oooooooh” di sini dia melihatnya mungkin gue terkesima kali ya tapi kalo orang yang paham sarkasme tentu aja tau kalo arti sebenernya adalah “BACOT LU ANJENG!!!!! Iya aja deh, suka-suka eluuuuuuu!!!!!!!”

harry po

Hahahahahaha.

Untungnya nih, dia turun loh pas di pertengahan jalan. GUE LEGA ABISSSSS. Gue kira udah nih abis dong bahan ketawaan gua, tapi gak loh!!!!!! Masa ya pas turun mau bayar SEMPET-SEMPETNYA DIA NGOMONG SAMA SOPIR “Bapak Agamanya apa?”

Matik banget gak sih? Hahahahahaha

Eh dijawab sama pak sopir dengan logat batak “Saya Nasrani”

Baru loh si bapak itu kasih duit! HAHAHAHAHAHAHA gue udah tebak nih kalo misalnya si sopir juga Islam pasti deh dese ngomong “Sesama hamba Allah harus saling membantu” Alias MAU NAIK ANGKOT GRATIS DESE! Eh sialnya dapet sopir orang Batak😆😆😆😆😆

Gue tuh gak percaya loh dia ada keturunan Walisongo. Kenapa?

[1] Ustad yang gak ada keturunan Walisongo aja bisa masuk TV ngetop ceramah sana sini. Masa dia yang katanya keturunan Walisongo kagak? HAHAHAHAHA.

[2] Seluruh omongannya sesat dan tak berdasar. Menganggap Agamanya yang paling benar dan Agama yang dianut orang lain adalah salah. Nenek gue dan seluruh keluarga dari pihak nyokap beragama Islam tapi…. mereka aja gak pernah menghakimi Agama yang keluarga gue anut. Bayangin ya…. ini yang ada hubungan keluarga aja gak pernah menghakimi apalagi suruh-suruh pelajarin Agama lain loh, lha….. lo nyuruh-nyuruh gue pindah Agama. LO SIAPAAAAA PAK? Hahahahaha.

[3] Ini orang cerita “Iya! Ahok tuh begini begini begini begini sama Islam”. Sumbernya? Gak ada. Ahok yang gue tau menjunjung Pancasila, gak pernah memojokkan suatu Agama tertentu. Lagian……… Ahok mana mungkin ngurusin Agama orang! Tau gak kenapa? Musim hujan oi sekarang! Dia fokus ngurusin kali di sono sini biar gak meluap dan Jakarta kebanjiran. Logika pleaseeeeeee😆😆😆 Cuma karena Ahok keturunan Tionghoa dan Kristen terus langsung dipikir sentimen sama Agama dese. YAELAH, KEGEERAN LU PAK!😆

Dulu, tiap kali ada orang kaya gini gue suka tersinggung loh. Beneran. Sekarang? KETAWAIN AJAH. Iyain aja biar dia seneng. Ngaku keturunan Walisongo kok khotib di angkot? Ketauan deh…. Khotib di rumah ibadah Agamanya sendiri dan orang-orang yang beragama sama dengan dia aja gak mau dengerin. Kalo enggak mah…. mana mungkin sampe cari mangsa di angkot! Ya kan? Hahahahahaha.

Ini lah yang membuat gue bertahan naik angkot! PUNYA 1001 pengalaman. Ditepu nenek-nenek, pernah. Ngeliat laki bini berantem terus bininya nangis sesenggukan, pernah. Eh kemarin……. diceramahin di angkot!!!!😆😆😆

Monica Krisna

2 thoughts on “Khotib di Angkot

  1. Hahahaha ngakak dah baca cerita lo. Lagi di perpus tapi ketawa2 gara2 cerita lo. wkwkkwkw udah 2016 masih aja ya ada orang kaya gitu ya?
    Btw kalau gue jadi lu, gue bener2 bakal ngomong “Babi juga ciptaan Tuhan. Boleh dong dimakan harusnya? Kenapa justru haram?”. Kebetulan tuh supir angkot orang batak nasrani yang makanan pokoknya adalah babi😂😂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s