UAS di Binus

Sebenernya gue udah selesai UAS dari tanggal 5 kemarin dan sebelumnya udah punya rencana buat update blog dengan sejutak cerita yang ada, tapi kok mendadak males yah? Huhuhu. Tadi nengok-nengok search terms ada yang nyasar ke blog gue dengan keyword “UAS di Binus”. So….. hari ini gue bakal bagaimana keadaan UTS/UAS di Binus dan cara gue menghadapinya #anjayπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

Seperti yang kalian tahu bahwa Binus itu liburnya 3 bulan saat akhir periode semester genap jadi mahasiswa/i kampus lain mau mulai UTS, kita-kita ini mahasiswa Binus baru masuk kampus. Efeknya? Orang lain udah pada mau UAS, kita baru mau UTS. Orang lain udah mulai semester baru? KITE-KITE BARU UAS! Hahahaha.

Hal yang paling penting pas mau UTS/UAS di Binus adalah:

Lunasi Biaya Kuliah

Lo harus udah kelarin semua biaya administrasi (Bayar BP3, SKS, Laboratorium, dkk). Kenapa? Karena kalo lo masih punya tunggakan, kartu ujian di akun Binusmaya gak bisa lo download. Gak ada kartu ujian efeknya gimana? BABAY. Gak boleh ikut ujian sama sekali. Bisa sih lo meminta dispensasi sama pihak Binus tapi percayalah itu ribetnya amit-amit dan lo akan dioper ke sana-sini pas hari H.

Gue pernah menyaksikan sendiri salah satu temen gue masuk kelas dengan keadaan keringet ngucur karena harus lari ke ruangan ini lah ruangan itu lah padahal di saat yang bersamaan dispensasi waktu keterlambatan cuma ada 30 menit. Masuk kelas kalo udah keringet ngucur gitu mana konsen sik ngerjain ujian, ya kan? So, be wise guys. Kalo kata nyokap gue “Mending biasa-biasa aja di kampus tapi bayaran kamu lancar daripada gaya mentereng tapi masih nunggak”πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

Download KMK di Binusmaya

Kalo lo udah lunas semua pembayaran tentu aja lo tinggal leha-leha download KMK (kartu ujian) di akun Binusmaya. Saran gue, lo download kartu ujian jangan mepet-mepet misalnya H-1 ujian baru download, kalo perlu dari lebaran monyet tuh pdf KMK udah ada di laptop lo. Kenapa? Server Binusmaya suka banget down karena banyak yang akses menjelang ujian secara nih mahasiswa Binus kan banyaknya amit-amit yah. Jadi, kalo lo nekat download H-1 apalagi D-day tuh kadang suka dag dig duer ya bokπŸ˜†

Oiya, dulu gue suka bete kalo liat flazz card/photo di Binusmaya/kartu ujian gue, kenapa? PHOTONYA BAPUK GILAKKKKKK!!!!! I mean…. iya gue emang gak cakep tapi please dong itu foto di Binusmaya gak sesuai kenyataan deh. Udah gak cakep-cakep amat eh kok hasil foto di Binus muka gue jadi hitam dekil kaya anak layangan sik? #kzl Cuma…… karena flazz gue hilang jadilah kemarin gue foto lagi. Alhamdulilah!!! Walaupun muka gue kok kayanya di foto bulet geda segede kulkas Indomart tapi mendinglah warna kulit sesuai keadaan nyata dan gak coreng moreng gajeπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† Kata temen gue yang nasib flazznya hilang juga “Mon, gue sekarang kalo buka Bimay udah gausah buru-buru scroll ke bawah lagi soalnya fotonya udah cakep sekarang!”πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† #sotrue Pamer foto baru ah di Binusmaya #penting

Untitled

Capture Jadwal UjianΒ 

Capture jadwal ujian di handphone tuh penting loh! Soalnya repot aja kan setiap kali mau ujian lo harus buka-buka binusmaya lagian sayang kuota juga lah. #fakirkuotaπŸ˜†πŸ˜† Di setiap jadwal nanti selain tertera hari apa aja lo ujian, akan ada informasi di kelas mana aja lo akan menjalani ujian, jam ujian, dan nomor kursi. Nomor kursi sih yang paling crucial karena pasti deh menjelang masuk kelas ujian kita suka mendadak lupa kaya “Eh gue di nomor berapa sih duduknya?”. Nah…. kalo lo gak punya capture-an jadwal musti buka-buka bimay lagi, repot kan?! Hidup udah mudah jadi jangan dibuat ribet, capture!!!!πŸ˜›

Jangan lupa bawa KMK dan Flazz Card

Pokoknya tiap kalo lo mau pas D-day ujian yang lo harus bener-bener cross check di tas lo tuh udah bawa KMK atau Flazz car apa belom? Make sure bener-bener deh tuh dua bijik barang udah ada di tas. Kenapa? Tanpa dua barang itu, lo gak akan boleh ikut ujian. KMK ketinggalan mah masih bisa lo akalin dengan buru-buru ke warnet, buka bimay, print lagi, Tapi…. kalo flazz card? Emang bisa di print tuh flazz card?! Yaudah mau gak mau lapor ke AOC (Academic Operation Center) kalo lo gak bawa flazz card, nanti dikasih kertas gitu dispensasi buat ikut ujian tapikkkkkkkk…….. lo baru dikasih kertas itu 20 menit setelah jam ujian berjalan sebagai sanksi gak bawa flazz card pas ujian. #eaaaaaaaaaaa Been there, done that malih. HAHAHAHAHA.

Terus…… gimana sih cara menghadapi ujian di Binus????

JANGAN PERNAH NYONTEK

Masa-masa SMA gue habiskan dengan menyontek, apa tuh belajar? Gak ada!!!! Mungkin karena udah puas pas SMA dan udah ngerasain betul bahwa nyontek tuh….. lebih susah loh daripada belajar makanya pas kuliah gue berusaha belajar mati-matian. Hahahaha. Lagian nyontek di Binus mah udah langsung pasti failed eh nama, NIM, jurusan, mata kuliah apa yang lo saat itu nyontek akan terpampang satu semester di papan pengumuman. Malesin banget kan? Kalo nama lo Cynthia atau Michael sih ya bisa cuek karena nama lo ada satu kodi di jurusan, lha nama gue? Buset, sekali lirik juga tau orangnya itu gueπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† Gak percaya? Nih liat!!!

2x

Nama gak ditampilkan demi keamanan blog iniπŸ˜† Dan…. iya! Jangan sampe tuh kertas soal lo bawa pulang karena bisa dianggap mau menyebarkan soalπŸ˜†πŸ˜†

Bikin rangkuman sendiri

Gue sering lihat orang minta jawaban kisi-kisi bukan yang satu dua nomor doang tapi semuanya. Dan gilaknya lagi banyak orang yang minta jawaban ke….. gue! Padahal gue bukan salah satu anak yang menonjol di kelas lohπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† Ya emang sih keuntungannya minta-minta gitu adalah lo gak perlu capek cari jawaban tapi tanpa sadar itu merugikan diri lo sendiri loh. Kenapa? Karena lo cuma nyalin jawaban aja yang ada di kertas temen lo.

Sedangkan gue dan orang-orang lain yang mencari jawaban sendiri? Dengan mencari jawaban kemudian menulis rangkuman itu bisa dipastikan 50% materi ujian udah nyantol karena gue tau apa yang gue tulis di kertas. Lo bisa mengerti apa yang lo pelajari tanpa perlu susah-susah menghafal.

Lagipula, gue heran sama orang yang udah dikasih kisi-kisi loh kok masih gak mau usaha ya?😐 Kalo ngomongin males, semua orang ya juga males tapi masalahnya adalah….. lo gak bisa terus-terusan β€˜minta’ orang lain. Butuh effort. Ya kan? *senyummanispundakkejut*

Belajar di Perpustakaan

ReadingRoom01_edited

Biasanya kalo setiap ujian gue datang 1 jam sebelum jam ujian mulai. Kenapa? Satu, gue mengantisipasi kemacetan karena gak akan ada yang pernah tau kapan daerah Kemanggisan tuh macet dan lancar. Kalo lagi lancar ya lancar banget, kalo lagi macet yaudah macet najis aja gitu. #huft Dulu gue biasanya langsung naik menuju ruangan tempat ujian dan duduk di depan kelas belajar bareng temen-temen gue yang lain. Tapi, gue merasa cara itu gak efektif.

Akhirnya suatu kali nyoba belajar di perpustakaan dan……. UEEEEENAKKKKKKK PARAHHHHHH. Suasananya tenang, damai, dan sungguh kondusif sehingga apa yang gue baca masuk otak dengan lancar. Beda kalo duduk di depan kelas karena…… pasti deh ada aja temen kita yang baca materinya sambil komat kamit ngoceh bacot berisik. #zbl Belom kalo ada temen yang tanya-tanya sama kita di saat kita juga belom bisa-bisa amat! Atau di saat kita lagi asik-asik ngehafal eh ada temen lewat nyapa dan berujung haha hihi…. BUYAR YAR YAR YAR semuaaaaaaaanya!!!!!! Ini mah elo aja kali Mon.πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

Jadi, saran gue sih kalo lo type orangnya kaya gue yang mana butuh ketenangan saat belajar, perpustakaan adalah tempat yang tepat. Dan entah kenapa ya handphone gue tiap kali di perpustakaan tuh signalnya pasti Edge jadi saat-saat seperti itu handphone gak dapet signal adalah sebuah anugrah tau gak. Kenapa? Ya karena dengan kaya gitu gue gak terdistraksi segala notifications yang muncul di hp. Ya kannnn?πŸ˜†

Punya satu kali kesempatan

Gue selama ini selalu menganggap bahwa kesempatan gue untuk setiap mata kuliah tuh cuma satu kali jadi gue selalu berusaha semaksimal mungkin. Alasannya?

[1] Gue gak mau duit emak bapak gue keluar untuk hal-hal yang sebenernya gak perlu (re: bayar SP)

[2] Gue gak mau waktu liburan yang harusnya gue leha-leha atau beredar justru harus ke kampus. MAKASEEEEEEH!!!!!

Dengan lo menganggap hanya ada satu kesempatan pasti deh mau gak mau suka gak suka lo terpacu buat belajar. Kenapa gitu? Karena pada dasarnya orang gak ada yang suka sama kegagalan cong! #tsah Orang-orang yang males dan berujung SP gue yakin bukan karena gak bisa tapi karena mereka masih punya mindset β€œAh…. ada kesempatan lagi kok (re:SP)”. Sekarang kuliah emang bisa ngulang, tapi kalo nanti lo udah kerja emang kegagalan lo bisa diperbaiki gitu aja semau lo? Tinta! Visioner please. #anjayπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

Makanya gue semales-malesnya dan sebete-betenya tugas selalu gue kerjain dan tentu aja setiap ujian gue belajar. Kalo goal orang lain bisa cum laude, goal gue simple kok yaitu bisa lulus tepat waktu tanpa perlu mengulang apapun itu mata kuliahnya. Simple kan? :’)

Eh yaoloh udah panjang bener. Yaudah segini aja dulu deh. Kalo ada yang mau tanya-tanya monggo komen ajaπŸ™‚

Monica Krisna

Leave a Reply

