Perjalanan Gue Selama Semester 3

anigif_enhanced-buzz-7210-1360874512-0

Sekarang gue udah semester 4 yang artinya udah menuju setengah perjalanan menuju titel Sarjana Ilmu Komunikasi. YEAYYYYY!!!!!! Tapi, kali ini gue mau membahas bagaimana gue di semester tiga kemarin yang tentu saja bahan evaluasinya adalah nilai akademis selama satu semester.

Nilai

Sebelum bahas satu-satu, gue kasih liat nilai gue dulu deh. Kalo ditanya gue puas apa gak dengan nilai gue jawabannya adalah……. enggak! Alasannya? Yaudah kita bahas dulu aja deh satu per satu.

  • Teori Komunikasi Massa

Mata kuliah ini ada di hari Sabtu dan diajar sama dosen yang sungguh maha baik. Kenapa? Soalnya dari awal dia bilang โ€œKalo ada yang mau ngajak temennya atau pacar ke kelas. Bawa aja, gpp kokโ€ dan jadilah beberapa temen gue sering bawa pacar/temennya masuk ke kelas.๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† Dosen gue ini type yang suka kasih pertanyaan dan dari awal perkuliahan juga dia bilang yang mampu menjawab pertanyaan-pertanyaannya bakal dikasih poin tambahan. Tentu aja anak-anak yang otaknya mahadaya cerdas binti IP 3,5 ke atas semangat jawab.

Gue gimana?

Gue gak percaya aja gituuuuu dia bakal kasih poin tambahan, entah kenapa. Maklum deh gue emang punya trust issue๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† Jadilah selama perkuliahan yang lain semangat jawab, gue diem aja main handphone kalo gak haha hihi sama temen gue. Sampai menjelang akhir semester tuh diana memperlihatkan nilai-nilai semua anak kelas. Nilai UTS dan tugas gue merasa aman tapiiiiii di bagian poin keaktifan di kelas terpampang nilai โ€œ0โ€ ya karena itu tadi gue gak pernah mencoba jawab pertanyaan dia. Saat itulah gue baru panik. Yaoliiiiiiii!!!! HAHAHAHAHA.

Akhirnya, setelah itu pas dia tanya โ€œAda yang tahu Framing itu apa?โ€ gue langsung jawab (KEMANE AJAAAAA SELAMA INI?!?!?!โ€) โ€œFraming itu rekayasa persepsi pakโ€. Kata dosen gue โ€œBetul! Saya kasih poin 3 soalnya kamu langsung jawab gak pake lamaโ€ Alhamdulilah paling gak poin gue gak nol gitu๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Teori Komunikasi Massa ini kemarin pas UAS ada di hari terakhir di mana semangat gue udah tipissssss dan bahannya buanyak parah. Pokoknya jidat gue udah berkerut lima tingkat deh tapi alhamdulileh yang gue pelajarin hampir semua keluar.

  • Intercultural Communication

Demi apapun gue kzl zbl sama dosennya. Kenapa? Gue kedapetan dosen yang udah tuwirda dan kolot. Kolot di sini artinya dia mau jawaban yang kita kasih sesuai dengan apa yang ada di ppt dia. Dia kan sering tanya jawab gitu, awal-awal kita belom ngerti nih gimana metode jawab pertanyaan dia tentu aja dong semua mahasiswa jawab pake kalimatnya sendiri. Semua dia bilang salah dan begitu dia terangin jawabannya…… SATU KELAS LANGSUNG BERHASRAT MAU CEKEK DESE. Kenapa? Jawaban kita sebenernya point-nya sama bedanya dia pake bahasa โ€œbukuโ€ yang ada di ppt dan kita pake bahasa pemikiran kita sendiri.

Belum lagi suaranya kecil banget tapi gak mau pake mic. PIYEEEEEE????? Singkat cerita, gue gak pernah suka sama mata kuliah ini karena dosennya. Udah jadwalnya hari Senin sampe jam 7 malem eh dosennya begini. Combo banget gak sih? :โ€)

UTS nilai meluncur ke bawah yaitu cuma dapet 71 cyin. Kejadian semester dua terjadi lagi di mana ada temen yang tanya nilai gue berapose dan begitu gue jawab malah diketawain. :โ€) #perihkakak Pas UAS gue belajar lumayan lah dapet 80 secara banyak soal yang gue juga bingung jawabannya apa ya?๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† Nilai gue stabil karena kebantu nilai tugas yang dapet 95. Alhamdulileh.

  • Writing Techniques in Communication Context

typing_laptop

Nah….. ini dia nih…. ini dia yang bikin gue gak puas sama hasil nilai gue. Result mata kuliah ini cuma dapet 78? Seriously? Dan lo tau ekspetasi gue berapa? Ya 85 dapet lah, tapi itu kan ekspetasi gue. Kalo melihat nilai UTS dan UAS gue sebenernya stabil yaitu 80 dan 82 tapi tau-tau drop di nilai tugas yang cuma โ€œ70โ€ dan berujung resultnya cuma 78. INIH GAK MAKE SENSEEEEEE!!!! Kenapa gue berani-beraninya bilang begitu?

Jelas-jelas di UAS disuruh nulis salah satu tulisan yang sebelumnya udah pernah dibuat tugas, yang paling susah pula yaitu menulis trend (apa yang lagi diperbincangkan publik tapi sifatnya fakta bukan issue). Hasilnya? Dapet 82. Selama ini kan tugasnya ya menulis artikel mulai dari narasi, trend, dll. Okelah, anggep aja kemampuan menulis gue di bawah rata-rata dan gak punya struktur yang baik sehingga nilai tugas gue cuma ada di 70 tapi kenapa ya UAS gue bisa 82? Kalo emang gaya penulisan gue jelek harusnya tuh UTS dan UAS udah dapet 70 sekian juga. See? Gak make sense.

Tapi, yaudalah gue orangnya mah legowo. Awal-awal doang pas liat nilai gue langsung โ€œAnyingggggg!!!!โ€ tapi besokannya mah yaudah gitu. Mau marah juga gak bakal ngeubah nilai gue. Cara cepat move on adalah koreksi diri dan berpikir โ€œYa mungkin gue ada yang kurang kali. #pasrah๐Ÿ˜† Perbaikin di semester empat aja deh toh ada mata kuliah writing lagiโ€.๐Ÿ˜€

  • Introduction to Public Relations

Mata kuliah ini gue diajar sama Kajur dan cara ngajarnya enak banget. Saking enaknya cara ngajar dese gue sampe mempertanyakan loh โ€œDuh ibu ini kenapa musti ngajar di mata kuliah yang cuma dua sks sik? Mending yang kaya gini mah ditaro di mata kuliah 4 sks!โ€ Hihihihi.

Saking pahamnya gue dengan mata kuliah ini berujung pas UTS gue nulis berlembar-lembar. Serius! Tapi, apa yang gue dapat? Cuma dapet 80 cuy padahal ekspetasi gue berapa? Ya 90 mah dapet lah. Habis itu gue patah hati habis-habisan! Gak membuat gue jadi males ngikutin perkuliahan sih tapi membuat gue pas UAS bermotto โ€œAlahhhhh. Jawab pendek-pendek aja lah. Percuma gue tulis sepanjang apaan tauk ujung-ujungnya dapet 80 jugakโ€ Pokoknya panjangnya jawaban UAS gue gak ada setaik-taiknya jawaban UTS deh๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Eh…… mana nyangka resultnya dapet 100!!!! Padahal ya, pas hari ujian mata kuliah ini flazz card gue hilang yang mana masuk kelas musti pake surat izin dan dikasih sanksi setelah 20 menit baru boleh masuk kelas. WIDIHHHHHH. Pas gue masuk nih dan kerjain soal tuh pokoknya udah senewen sendiri deh. Ya gimana enggak? Gue baru mau jawab nomor satu eh ngelirik ke kanan kiri udah nomor berapa tauk kertasnya udah full bolak balik. Gue baru nomor 3 hampir setengah kelas udah keluar dari kelas karena udah selesai. Bete gak sik? BETEEEEEKKKK!!!!๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† :

  • Psychology of Communication

Dosennya gak jelas dan selama satu semester kemaren gue merasa gak mendapat ilmu satupun. Ngisi soalnya gimana? Ya sesuka hati gue aja dah.๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

  • Entrepreneurship I

Mata kuliah ini penuh perjuangan berdarah-darah tapi untungnya dapet dosen yang menurut gue bagus karena dia jelasin Business Model Canvas bener-bener sampe ngelotok parah yang berpengaruh banget pas kerjain ujian dan kasih nilai setiap ujian/ tugas juga sesuai. Karena ada loh temen-temen gue yang kedapetan dosen gak jelas entah itu cara mengajarnya ataupun metode penilaiannya. Jadi…. ya bersyukur aja deh dapet dosen gue ini walaupun pas UTS rasanya gue mau mejret disuruh cari 3 narasumber dengan penghasilan minimal setiap orangnya 250 juta. :โ€)

  • Chinese Language aka Bahasa Mandarin

im-tired-glee-gif_0

Salah satu faktor yang membuat gue bahagia semester tiga udah kelar adalah….. GAK BAKAL KETEMU MANDARIN LAGI. SAYONARA. BABAY. Bisa dilihat nilai mandarin gue sungguh babak belur tapi mari kita syukuri aja nilai result โ€œ77โ€ itu. Setidaknya, gue gak akan ketemu mandarin lagi. Dan gue gak bisa membayangkan orang-orang yang SP mata kuliah ini. Seriously? Selama satu semester aja rasanya gue mau muntah darah tiap kali belajar. Apalagi kalo ditambah semester pendek? MAKASSSSSEHHHHH. Jangan tanya bagaimana gue menjawab soal-soal pas ujian, semua jawaban gue ada di kertas itu bagian dari mujizat itu nyata!๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

  • Character Building: Kewarganegaraan

Mata kuliah ini sih katanya….. katanya…… supaya kita sebagai mahasiswa gak cuma intelek secara akademis aja tapi juga punya moral yang baik. #tsaelah๐Ÿ˜† Ya kalo di sekolah ini mah kaya Pkn lah belajar tentang negara dkk.

Nilainya belom keluar semua, ih sebel! Karena nilai ini belom keluar gue jadi belom bisa hitung IP. Tapi gue udah bikin perkiraan sih kalo mata kuliah ini resultnya gue ada di angka 80-89 ya IP gue akan sekitar 3,3 sekian tapi kalo dapet 90 aja deh (gak ngarep lebih) bisa ada di angka 3,4. Ya tentu aja dari kemarin gue komat kamit tiap hari berdoa dapet 90. Doakan gaes!๐Ÿ˜€

Jujur, gue kecewa sama nilai gue di semester ini karena IP gue bukannya stabil malah kemungkinan besar turun. Hahahahaha *tertawagetir* Makanya, semester 4 ini mau kembali โ€œfokusโ€ lagi secara semester depan gue harus udah magang jadi ya tentu aja nilai-nilai harus kece dong? Kalo enggak nanti apply magang gue punya modal apaaaah? Ya kan? :โ€) Doain gue survive ya semester 4 ini!

Monica Krisna

5 thoughts on “Perjalanan Gue Selama Semester 3

  1. u_u hmm aku malah 3.17 IP nya, turun dari 3.21 semester 3 ini. Tapi masih mending turun dikit, teman gue dari 3.5 jadi 3.2. Emang muiriiiisss abis semester 3. Adalagi teman yang merengek-rengek curhat ke gue, ceritanya dia bukan sahabat deket atau kenalann, dia teman yang cukup dekat sih di kampus (aja). Pas waktu senggang, waktu itu gue duduk di koridor ruangan, dia nyamperin gue, terus teriak “KEEEEKEEEEEE AKU IP-NYA TURUUUUN AKU CUMA DAPAT 3.8” dan gue cuma bisa tersedak T_T

    CUMAAAAAAA! CUUUUUUMAAAAA 3.8 ANJING EMANG TUH CEWEK

  2. Monce….udah dapet MK Public Opinion belum ? kalo udah minta bahan ajarnya dong please…soalnya dosen gue pake PPT dari komunikasi Binus…

    Btw salam kenal ya.. Danke :-*

    • Halo, salam kenal juga ya. Buat materi public opinion gue bisa share tapi kayanya cuma 1 atau 2 topic aja karena kalo semua takut nih kena sama Binus karena kan itu hitungannya punya-nya Binus. Kalo emang mau kasih tau aja materi tentang apa yang kamu mau ke e-mail monicakrisna@rocketmail.com. Btw, itu dosen kamu ngajar di Binus juga? Kok bisa pake materi Binus? :))

Leave a Reply

