Alasan Kenapa Orang Indonesia Jarang Main Quora

Quora

Quora tuh apa sih?

Quora tuh sebenernya salah satu situs di mana lo bisa membuat post yang merupakan sebuah pertanyaan atau lo mengemukakan pendapat tentang sesuatu dan user lain bisa menanggapinya.

Pertanyaannya adalah……… kok situs ini gak ngetrend sih di kalangan orang Indonesia? Padahal…. orang Indonesia tuh paling update sama yang namanya social media, contohnya aja negara kita termasuk dalam urutan user terbanyak yang ada di Facebook dan Twitter.

Di otak gue sih alasan yang pertama kali muncul adalah yaiyalah Quora gak ngetrend di Indonesia!!! Pemakai social media di Indonesia gue yakin paling besar ada di range umur 15-25 dan mereka cenderung type pemakai social media  yang menyukai konten komedi/humor bukan konten yang sifatnya “menambah pengetahuan”, that’s why anak remaja mainnya Ask Fm. Quora kan isinya topik “berbobot semua” dan jelas konten yang ada di Quora bukan type konten yang disukai oleh kebanyakan masyarakat Indonesia.

Tapi….. kalo gue teliti lagi sebenarnya ada beberapa hal lagi yang menyebabkan kenapa Quora kagak ngetrend di kalangan orang Indonesia.

  1. Bahasa Inggris

Yap! Quora adalah situs yang “menuntut” semua usernya untuk berdiskusi memakai Bahasa Inggris. Kita tau sendiri orang Indonesia jangankan Bahasa Inggris, ngomong mengubah aja masih banyak yang merubah. Ya kan? Gue sendiri pun bukan user yang fluently Bahasa Inggris tapi ya bisa ngerti apa yang orang diskusiin di Quora dan kalaupun ada satu kosa kata yang gak tau artinya…. tinggal buka kamus inggris aja di handphone. Gampang tho? Sayangnya, masih banyak orang Indonesia yang punya pola pikir sempit bahkan berani-beraninya ngeluarin statement “Kalo pake Bahasa Inggris, gak nasionalis!!!!” makanya pada males belajar Bahasa Inggris.

Aduh!!!!! Kalo punya pikiran tolol mah mending diem aja loh, soalnya kalo tereak-tereak bangga dengan pemikirannya yang sesat itu justru nanti jadi bahan ketawaan orang. Nah… nanti kalo udah jadi bahan ketawaan orang eh dese teriak-teriak “Gilak loe semua tuh ya bully gue!!! Loe merasa perfect?” AUAHAHAHAHAHA. Orang yang kaya gini banyak kak. Banyak bener!!!!! Ya gimana kita gak ketawa? 2016 gitu masih punya pemikiran sempit seperti itu. Adonan donat aja di diemin 20 menit bisa berkembang, lha masa elo manusia yang punya akal budi bertambah umur tiap tahun pemikirannya segitu-segitu aja. Ya kan?😆😆😆 Kenapa jadi sewot bu?! Hahahahaha.

  1. Di Quora Gak Bisa Gossip

Orang Indonesia tuh hobby utamanya gak cewe gak cowo ya gossip, kalo ngegossip paling enak pake bahasa apa? YA BAHASA IBU. Ngakuuuuu!!!!! “Eh jeung…. jeungg… Jeung tau gak si R udah putus loh sama si E. Tapi ya…. kemarin gue liat si R udah gelendotan aja sama pacar barunya di Lippo Mall Puri. Nah katanya si Ge….. pacar barunya tuh ya masih satu circle juga sama si E. GILINGAN PADI!!!!! Mana nyangka muka manis manja grupnya itu ternyata….” Auahahahahahaha. Coba kalo omongan di atas harus kita terjemahin ke Bahasa Inggris? Unsur ‘drama’nya gak terlihat dan cenderung biasa aja kan?😆😆😆 Makanya orang Indonesia lebih memilih pake Ask Fm dibanding Quora.

Di Ask Fm kalo lo perhatikan isinya kebanyakan “Kak….. tau gak si @anuinicakepbangetyaoloh tapi udah gak perawan loh”, di Quora mana bisa begitu?!?!?! Kebanyakan usernya orang luar yang tentu aja perawan gak perawan udah gak penting nyet jadi kalo mau ngegossip apalagi ngegossipin keperawanan orang yang ada….. LO DIKETAWAIN DAN DI BULLY RAME-RAME!!!!! Misal nih lo searching topic Lgbt di Quora yang keluar tuh macem kaya “Siapa sih Aktivis LGBT favorite kalian dan alasannya kenapa?” See? Berbobot kan?

Lha di Ask Fm? Isinya banyakan Anonim menghujat/ceramah user Ask fm yang mereka nilai “sissy” atau emang udah coming out kaya “LGBT tuh dosa. Ingat neraka!”, “Gak ingat kisah Sodom Gomorrah blablablabla pret pret dung cret?” Who are you? Kalo gue jadi user Ask Fm yang dihujat itu, gue cuma bisa jawab “Aduh…… gue juga gak mau masuk surga kalo orang-orangnya kaya elo semua!!!!! Udah mati kan harusnya bahagia eh ketemu yang kaya lo lagi sih sama aja gue masih hidup di bumi!!!”😆😆😆

  1. BUTTHURT

Quora ini kan situs Q&A versi “serius” ya jadi kalo ada yang menjawab atau berbagi pendapat tentu aja disertai dengan alasan yang jelas. Kadang…. kalo lo perhatiin nih…. orang Indonesia tuh tanya tapi begitu ada yang jawab/berpendapat tidak sesuai ekspetasinya, dese marah-marah. Mending dese marah-marah kalo bener, lha ini kebanyakan yang punya pendapat dodol loh yang marah-marah. Udah tanya, dijawab, marah-marah. Gilingan…… tuh otak mending dijadiin gulai aja deh. Lumayan bisa bikin perut orang kenyang, soalnya kalo otaknya dipake mikir terus disalurkan ke mulut bawaannya bisa bikin semua orang marah deh!!!! Itu otak ada di kepala lo faedahnya apa?😆😆😆😆

Kalo ada yang butuh bacaan…. sign up aja di Quora karena banyak banget topik menarik yang bisa lo baca. Daripada baca kultwit auk siapa di Twitter beratus-ratus yang isinya gak jelas mending baca Quora deh gue. Sign up-nya bisa pake account Facebook atau Gmail kok jadi gampang bener.

Monica Krisna

 

3 thoughts on “Alasan Kenapa Orang Indonesia Jarang Main Quora

  1. Iya, jumlah pengguna Quora dari Indonesia sangat sedikit. Selain bisa dihitung jari, kebanyakan dari kita juga pasif. Dan saya sendiri suka pasif dan malah banyakan baca topik-topik seru.

  2. Padahal kalo ngomong atau ngetik teks, org indonesia suka campur2 pake bhs inggris biar keliatan jago/keren padahala males belajat bhs inggris dan pengetahuannya cetek, coba deh posting di quora atau nggak minimal baca2 aja deh pasti kelabakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s