Mengeluh Tidak Menyelesaikan Masalah

Gue ini sebenernya paling males berhubungan sama orang yang ngeluh mulu ketika dapet kesusahan entah itu aspeknya pekerjaan, pertemanan, persahabatan, percintaan, keuangan, apa aja lah pokoknya. Kenapa? Karena gue merasa orang-orang ini tuh gak mau membuka “mata” mereka lebar-lebar ke luar sana bahwa masih ada yang lebih susah. Ngeluh sesekali boleh, tapi jangan ngerasa hidup lo udah paling susah di dunia ini!!!!! Tampar yah!!!!!!!!

Apalagi, kalo ngeluhnya gak jauh-jauh dari financial di saat gue melihat barang bawaannya mewah semua. Haduh….. Pengen deh gue tuntun jari telunjuknya biar taro di jidat sambil berbisik “MIKIRRRRRRRRR!!!!!!!!!!”

“Aduh nyokap bokap gue lagi gak ada duit nih. Padahal besok mau auto debit kampus”

“Aduh kampus auto debit mulu, gak tau apa bokap gue lagi gak ada duit?”

BANYAKKKKKKKKKKKKK BANGET YANG NGELUH KAYA GINI KE GUE!!!!!

Percayalah, mengeluh seperti itu tiada artinya.

Bukannya gue gak simpati yah karena kenyataannya dulu zaman sekolah (SD-SMP) gue juga langganan nunggak duit SPP kok sampe 3-4 bulan. Langganan nama dipanggil Tata Usaha karena semua biaya administrasi belum sepenuhnya kelar padahal di saat yang bersamaan harus menjalani ulangan umum (DUH TUAAAAA ngomongnya ulangan umum! hahahaha). Tapi, apakah gue beserta merta merasa berhak buat ngeluh ke seluruh temen gue? Ya enggak!!!!!

Soalnya gue mikir…… keluhan gue gak akan menghasilkan duit sepeserpun. Beneran deh. Terus, dulu lo ngelakuin apa?

Ya gue diem-diem aja karena gue percaya nyokap bokap gue nanti pasti punya uang kok buat ngelunasin semua, sabar aja. Di sekolah gue tuh dulu ya rada-rada sadis (menurut gue hahahaha) di mana yang belom lunas biaya administrasi dipanggil namanya lewat speaker sekolah buat dateng ke TU. Malu gak? Ya mayanlah tapi malu gue mah gak ada seujung kukunya pengorbanan nyokap bokap gue cari duit, makanya gue diem. Makanya gue sabar. Makanya gue gak banyak nuntut.

Buat gue pribadi….. daripada ngeluh-ngeluh gak jelas mending melakukan hal yang sifatnya meringankan orang tua lo, se-simple jangan terlalu menekan orang tua buat minta jajan tambahan dan menekan orang tua lo harus bayar cepat-cepat kalo belum urgent banget. Soalnya……. orang tua kita gak goblok atuh!!!! Kalo dese punya duit juga pasti bakalan dibayar, nah….. kalo belom punya? Ya masa bayarnya pake daun depan rumah?!

Orang mah ngelihat gue enak atuh biaya kuliah lancar padahal mah….. gue kalo mau ngeluh juga BANYAK KOK BAHAN KELUHAN GUE. Serius!!!!! Masalahnya…. gue gak share aja ke orang-orang pas gue lagi kesusahan dan gue menganggap kebanyakan ngeluh itu kaya menyebarkan aura negatif. Enak gak sih deket-deketan sama orang yang pikiran dan perbuatannya negatif mulu? GAK ENAKKKKKKKKKK!!!!!!!!!!!!

Hidup tuh cuma sekali dan lo gak tau kapan lo metong. Suatu saat nanti kalo kita metong, emang mau yang orang inget dari kita tuh cuma tukang ngeluh aja? Gak kan? Menurut gue, kemampuan mentertawakan diri kita sendiri saat kesusahan tuh salah satu skill yang kita harus punya di dunia ini. Pas lagi susah aja lo bisa ketawa, gimana pas bahagia? Senyum tiga jari sepanjang hari sampe gigi kering kali!!!!😆

Monica Krisna

Leave a Reply

