Pencarian Tempat Magang

Salah satu yang menyita banyak pikiran gue tahun ini adalah kewajiban untuk mencari tempat magang. Kenapa gue bilang kewajiban? Karena kampus dan jurusan tercinta mewajibkan mahasiswa/i di semester lima nanti untuk magang minimal empat bulan. Tentu aja, magangnya harus di posisi yang related sama jurusan kuliah. Buat jurusan marketing communication sendiri udah diwanti-wanti gak ada cerita cuma jadi admin apalagi jadi sales dan harus melaporkan jobdesc pekerjaan karena magang ini akan berujung pada pelaporan hasil kerja magang yang nilainya akan dimasukkan ke 16 SKS.

Nah….. yang paling bikin gue dan temen-temen gue ketar ketir adalah batas pelaporan perusahaan tempat kita bekerja adalah 10 Mei. Lewat dari itu? Akan dimasukkan ke prioritas ke-2 program 3+1 (3 tahun kuliah dan 1 tahun kerja) ini yang mana gue pilihnya entrepreneurship karena emang DIKASIH PILIHANNYA BAK BUAH SIMALAKAMA. Singkatnya nih biar pada paham, kalo lo gak dapet tempat magang ya bakal dijeblosin ke entrepreneurship atau community development. MAMIH!!!!!!

Buat dapet tempat magang, sebenernya kampus bantu karena ada campus hiring gitu lah yang mana tiap kali ada lowongan pihak campus nge-blast by e-mail list perusahaan dan posisi yang available. Cuma…… ya gak bisa diharapkan juga wong list perusahaan 15 bijik terus di blast ke 200-300 mahasiswa yaolooooo….. kalo menghitung peluang pake statistik nih peluang lo terpilih ya 1:300. Bukannya gak percaya Tuhan udah menyiapkan jalan terbaik ya tapi ya kita realistis aja gitu udah 2016. Even pihak jurusan pun menyarankan kita untuk mencari sendiri juga dan gak hanya mengandalkan campus hiring. :”) :”)

Jadilah…… udah hampir sebulan lebih ini gue pusing!!!!!!

So far….. gue udah menjalani dua kali interview dan akan gue ceritakan secara detail di bawah ini.

Dari awal, gue udah tau banget nih buat masuk kerja sekarang gak ada cerita CV polos doang warnanya kaya susu di gelas. GAK ADAAAAA!!!! That’s why akhirnya bikin CV seperti di bawah ini:

Monica Krisna

Pas nunjukkin ke Ratu Elizabeth, dia tanya “Kok CV lo warna-warni gitu?” ya gue jawab aja “Kalo CV gue hitam putih polos jangankan dilirik sama HRD, bisa-bisa e-mail gue cuma berakhir di delete” Alasan sebenernya sih, gue ngerasa pengalaman gue gak banyak dan prestasi akademis gue juga so so lah di kampus jadi gimana biar orang tertarik? Ya aku bikin lah CV aku warna warni mejikuhibiniu sekalian biar bikin persepsi “Dengan adanya aku di kantor kalian bisa makin membuat kehidupan kantor kalian makin warna warni loh!” HAHAHAHAHA. Asal jangan Uni Fahira, Habib Rizieq dan antek-anteknya aja yang liat nanti pasti langsung dituduh “INI ANAK PASTI TERLIBAT DALAM PROPAGANDA LGBT!!!!” Auahahaha😆😆😆

Selain bikin CV ini, gue juga bikin cover letter. Karena CV-nya udah terlanjur gegayaan pake Bahasa Inggris, gue pun mikir cover letternya harus seiya sekata seirama dong sama CV yang artinya pake Bahasa Inggris jugak. Untung di kampus banyak brondong yang bisa gue todong buat koreksi cover letter buatan gue.  *ciumin-satu-satu*😆😆

Mulailah pencarian lowongan. Tiap hari mantengin twitter Kampus Update, Id Student Job, facebook page Ahensi ex Ahensi, dan beryuta-yuta kali googling lowongan internship public relations/social media officer yadda yadda yadda yadda dan tentu aja sempet ikut campus hiring. Dari sekian banyak e-mail yang gue kirim, gue dipanggil dua perusahaan. Tetapi karena satu dan lain hal, gue hanya dateng ke salah satu perusahaan untuk interview. Dan di campus hiring setelah melewati proses Forum Discussion Group di salah satu perusahaan (LAPISAN TANGGO KALAH BANYAK SAMA YANG NGELAMAR PERUSAHAAN INI, sumpah!!!), gue pun dipanggil untuk interview. Jadi, so far udah dua kali nih interview.

Interview 1

Gue interview di salah satu influencer marketing platform yang menghubungkan influencer sama pihak pengiklan. Pas dapet e-mail panggilan interview ya…. NORAK LAH GUE!!!!!! Bersyukur gitu loh ada juga yang tertarik buat hire gue kerja di perusahaan (maafkeun ya gue emang kadang-kadang norseu hahaha). Jadi lah, malam itu gue baca-baca isi website perusahaan biar tahu kan ini sebenernya perusahaan apa. Dalam pikiran polos gue (re:tolol) interview paling ditanyain apa sih? Ya gak jauh-jauh lah dari isi CV sama pengetahuan kita tentang perusahaan. Taunya….. HMMMM……. Baca baik-baik cerita di bawah ini!

Gue janjian sama orang yang e-mail gue sebut aja si M jam 10.00 tapi tau sendiri gue kan anaknya on time jadilah udah dateng jam 09.25. Ternyata, pas gue dateng si M belum adinda di kantor jadilah gue dipersilahkan duduk. Ada dua perempuan di sana yang pas gue dateng tanya mau ngapain dan begitu gue jawab kalo gue mau interview langsung ngomong “Mau ketemu anu ya?” (kayanya HRD di situ deh). Tapi, gue bilang gue mau ketemu M karena yang e-mail gue si M. Sesudah interview, gue baru kepoin si M itu siapa eh ketemu linkedin-nya ternyata diana Social Media Specialist di perusahaan itu. Anu…… pantesan pertanyaannya bikin aku…… :”)

Udah ketemu M nih dan pas dia isi amplop CV gue, dia ngomong “Saya liat CV kamu aja ya. Nilai mah gak perlu” #eaaa Awal-awal sih dia masih tanya gimana gue di organisasi dulu dan jobdesc gue ngapain aja. Eh tau-tau di kasih study case tentang strategi digital marketing gitu deh. MAMIHHHHHH. Yang mana gue jawabnya bawa-bawa SEO dan berujung dia tanya-tanya tentang SEO. #matik. Si M sih tanya “Kamu bisa mulainya kapan?” ya gue bilang bisa mulai di Juli karena emang Juni akhir pun gue masih berkutat sama UAS terus dia kaget gitu kirain gue bisa langsung kerja padahal udah gue cantumin loh bok di cover letter kalo gue available bulan Juli 2016 – Januari 2017. :”)

Berlanjut dese kasih tau tentang fee kaya ngomong “Kalo dari kita sih cuma bisa kasih kamu sekian sekian sekian. Kamu paling lambat harus dapat keputusan kapan? Yaudah saya keep dulu ya kalo gitu” Sampe sekarang si M gak e-mail gue lagi, boleh kah gue menanyakan kejelasan keputusan dese gimance? Sungguh bingung soalnya udah ngomongin fee dan jobdesc segala macem loh😦

Interview 2

Sebelum interview gue harus berperang dulu dengan ratusan anak (kali ini gak lebay) di kampus untuk dapet slot interview. Jadi campus hiring hari itu diisi dengan kegiatan FGD alias forum group discussion. Di kasih sebuah study case gitu lah, satu group isinya 10 orang.

Tadinya udah pesimis gak bakal dipanggil interview karena…. ada satu temen gue yang udah dikabarin hari  itu juga bahwa dia dipanggil interview. Eh, tak kusangka besoknya gue baru di e-mail kalo dipanggil interview juga. Alhamduuuuulilah….!!!!

Singkat cerita, hari Senin gue interview bareng beberapa temen di kampus yang dipanggil interview juga. Dan berbekal pengalaman interview pertama jelas gue udah punya dapet gambaran dong kira-kira interview tuh gimana sih.

Di perusahaan ini gue apply as PR & EVENT. Pertanyaannya seputar “Kenapa kamu apply sebagai PR & Event?” terus kaya “Kamu tau gak perusahaan kita udah pernah ngadain event apa?” Dengan sungguh percaya diri dan pasang senyum manis ku jawab “Sekarang perusahaan ini lagi ngadain kompetisi lomba ping pong kan terus kemaren pas Valentine juga adain acara donor darah” Pokoknya, menurut gue….. menurut gue loh ya….. jawaban-jawaban di interview ke dua ini jauh lebih meyakinkan lah dibanding interview pertama.

Pokoknya udah pake hati lah di perusahaan ini. Si orang yang interview gue bilang kabar akan diberikan maksimal seminggu setelah interview. DAN SAMPE SEKARANG (re: dua minggu)…… GAK ADA KABAR SAMSEK. #remukhatiadek

So…… gue sekarang dalam masa pencarian perusahaan (LAGI!), mantengin forum ini itu, twitter nana nunu nana nunu, kirim e-mail ke kiri kanan atas bawah. Bantu doa dong!!!! :”) Dan mungkin aja ada yang baca blog ini kerja di PR/Advertising Agency, apapun pokoknya asal bentuknya PT (diwajib-kan sama kampus nih) dan buka lowongan magang buat mahasiswa Ilmu Komunikasi, monggo bisa kasih tahu aku ya lewat komentar. :’) Dan kalo mau tau aku tuh kaya gimana sih latar belakangnya bisa buka-buka Page About.me Monica Krisna karena disitu ada semua tercantum social media yang aku punya. Hihihi.

Monica Krisna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s