Gak Kenal Siapa-Siapa

Orang tua gue bukan datang dari kalangan professional yang 9 to 5 di balik komputer. Bapak gue seorang TNI dan nyokap gue pun Ibu Rumah Tangga. Sedangkan, gue butuh kantor yang menyediakan kesempatan untuk seorang mahasiswa melakukan magang di sana. Membuat gue mau tidak mau melakukan semua hal sendiri tanpa campur tangan siapapun.

Berpuluh-puluh e-mail gue kirim yang berisikan cover letter dan CV. Ada untungnya banyak berteman yang lebih tua sehingga dari dulu gue sudah tahu bahwa cover letter seharusnya di taruh di body e-mail karena BUANYAKKKKKKKK banget temen gue yang taro cover letternya di attachment. Dan tentu saja gue memperhatikan jam saat gue mengirimkan e-mail tersebut.

Akhirnya, proses pencarian tempat magang ini sudah berakhir karena gue sudah diterima di sebuah digital agency pas di hari gue ulang tahun. Ada sebuah hal lucu yang gue sadari setelah gue diterima…

Dari awal semester tiap kali Ratu Elizabeth tanya gue mau ngelamar magang di mana. Gue selalu ngomong berkali-kali “Gue maunya magang di Agency terkenal!!!!” Dan bener akhirnya gue kerja di Agency yang gue yakini ini terkenal juga mengingat brand yang dipegang cukup banyak dan brand-nya pun bukan ecek-ecek. HAHAHAHAHAHA.

Asal kalian tau…. gue berkali-kali melamar ke perusahaan non agency dan berkali-kali juga kecewa. Entah itu emang ditolak atau HRD perusahaan telepon gue pas gue udah keterima di Agency ini. Dan taraaaaaaa begitu masuk Agency, langsung diterima! Pas tau keputusannya langsung pengen nyanyik “I BELIEVE I CAN FLYINGGGGGGGGG!!!!!!!” deh hahahaha😆😆😆😆

Berhubung ini program dari kampus, gue harus mengumpulkan sebuah surat dari perusahaan yang menyatakan bahwa gue beneran keterima sebagai barbuk. Saat mengumpulkan surat ini gue ketemu salah satu temen kampus yang dulu bareng pas orientasi mahasiswa tapi kita beda kelas. Mengalirlah cerita magang baik dari dia ataupun gue.

DIA AMAZE BOK DENGER CERITA GUE!!!!!!!!

Dia ngomong

“Jadi…. kemaren-kemaren lo cari lowongan sendiri? Dateng interview sendiri? Gak ada orang dalem di sana?”

YAIYALAHHHHHH!!!!!!!!!

Gue cari lowongan sendiri, tau gak kerjaan gue ngapain kemarin-kemarin ini? Searching keyword kaya “Magang agency” atau “Lowongan magang” di Twitter terus melototin forum Ahensi di FACEBOOK tiap hari. Gue ulangin, TIAP HARI!!!!! Kalo gue berasa kantornya gak jauh-jauh amat dari rumah gue, gue langsung apply by e-mail. Kalo gak cari sendiri, gue mau mengharapkan siapa ya? Sepupu gue sih sempet ngomong “Ngomong tuh sama Kak xxxxx (istrinya) minta lowongan magang di XXX (yang punya Starbucks dll deh hahahaha)” Tapi, bukannya sombong atau gimana gue justru mikir yang namanya minta lowongan atau nitip CV kaya gini sebenernya gak enak.

[1] Gue merasa jadi hutang budi

[2] Kalo amit-amitnya kinerja gue gak memuaskan nanti orang yang istilahnya “bawa” gue juga jadi kena imbasnya. Kan gak enak bok!!!!! Jadi, yaudah gue memutuskan untuk cari sendiri aja.

Terus, masalah dateng interview nih awal-awal gue sih masih minta ongkos dari nyokap. Tapi……. gue jadi gak enak sendiri udah kebanyakan minta ongkos PP lah ongkos print CV lah (soalnya gue maunya CV gue print-nya pake kertas Glossy hahahaha) jajan lah eh gak membuahkan hasil. Jadinya…. pas interview ke Agency ini pake duit jajan buat ongkos PP. Saat itu mikirnya “Gak apa-apa lah gak jajan hari ini daripada musti minta lagi”

Dua hari sebelum Interview gue tuh ngopi sama Ratu Elizabeth, gue suruh dia kasih advice ke gue gimana nih jawab pertanyaan pas interview. Karena gue jujur aja suka grogi sendiri kalo ditanya “Kenapa kamu apply posisi ini?” atau “Kenapa kamu apply di sini? Haduuuuuuuuuuhhhh!!!!!!!!!!!!!! Sebagai Duta Anti BasBisBus (Basa Basi Busuk) Jakarta Barat kalo boleh jujur mah jawaban gue pasti “Ya karena udah mepet deadline cyin dan lowongannya pun masih nyambung sama jurusan gue, why not? Dan masalah perusahaan, selama tuh perusahaan gak jauh dari rumah pasti gue APPLY Auahahahaha😆😆😆

Btw, Ratu Elizabeth bilang pokoknya gue harus merangkai KALIMAT SEINDAH MUNGKIN dan di dalamnya harus ada gue puji-puji perusahaannya. Believe it or not, gue sampe nulis di kertas gue mau ngomong apa aja pas interview. HAHAHAHAHAHAHAHAHA.

Tau gak hari H user nya tanya apa?

[1] Kamu kuliah di mana?

[2] Udah semester berapa?

[3] Kamu punya blog ya?

[4] Suka nulis tentang apa?

YAMALIHHHHHHHHHHH KALIMAT MUTIARA YANG SUDAH KURANGKAI GAK KELUAR SEDIKITPUN!!!!!!😆😆😆😆 Terus, dikasih tes bikin editorial plan karena gue apply as social media officer. Kelar deh.

Karena mereka butuhnya bulan ini dan gue pun butuh banget nget tempat magang, gue sanggupi mulai magang bulan ini. I know ini keputusan gila tapi dalam hidup kadang emang musti menantang diri sendiri kan? Ya pokoknya banyak-banyak minum kopi aja deh biar gue stress. Ditambah kantornya gpp gue cuma bisa dateng seminggu sekali karena masih kuliah. Yaudah, YIUKKKKKK………….

Nanti, gue ceritain lagi lah kantor gue gimana. Jangan sekarang….. biar pada penasaran😆😆😆

Monica Krisna

Leave a Reply

