Review Website Jurusan Marketing Communication Binus University

Dapet tugas buat review Website jurusan sendiri. Niatnya bikin review singkat binti padat, eh malah jadinya panjang buener. Mau gue taro di blog ini soalnya sekali-kali ah nulis yang berbobot dikit. Hahahaha. Bikinnya penuh dengan kejujuran loh dan yang paling penting adalah gak copy paste tulisan orang lain #eh😆😆

Saya I Gusti Ayu Monica, mahasiswa jurusan Marketing Communication (Binusian 2018) akan menuliskan review tentang website jurusan terkait mata kuliah Marketing Public Relations Writing. Perlu digaris bawahi bahwa review yang akan saya buat ini adalah murni penilaian yang saya buat berdasarkan pengetahuan saya sebagai seorang Mahasiswa jurusan Marketing Communication sehingga sudut pandang yang digunakan adalah dunia Ilmu Komunikasi. Berikut adalah review yang saya buat:

Nama Domain:

Nama domain yang digunakan sangat penting untuk diperhatikan karena nama domain yang dipilih menggambarkan website tersebut dimiliki oleh siapa. Di sini website Marketing Communication sudah melakukan hal yang benar karena memiliki nama domain, http://marcomm.binus.ac.id/. Ac.id sendiri mempunyai arti website tersebut dimiliki oleh Lembaga Pendidikan Tinggi yang sudah memiliki izin/akreditasi dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pemilihan nama domain yang salah tentu akan mempengaruhi persepsi setiap orang yang melihat website tersebut.

Design Website:

Website Jurusan Marketing Communication Binus University menurut saya masuk dalam golongan website pendidikan yang dapat dijadikan panutan oleh Lembaga Tinggi Pendidikan lainnya. Adapun alasan-alasan mengapa saya menulis demikian, yaitu:

  • Website http://marcomm.binus.ac.id/ dapat diakses dengan mudah dan cepat sekalipun kecepatan jaringan internet yang digunakan standard kecepatan jaringan internet Indonesia. Website yang mudah diakses dan ‘ringan’ untuk dibuka seperti ini adalah website yang disukai semua orang untuk dibuka karena website yang ‘berat’ membuat orang kehilangan kesabaran dan berakhir kehilangan interest untuk melihat isi website Sudah bisa ditebak, website yang berat akan membuat setiap orang pada akhirnya memilih untuk click tanda silang merah di bagian kanan atas browser.
  • Halaman website sesuai dengan standard browser yang ada yaitu 800 x 600 pixel sehingga pengunjung website saat melihat konten website tidak perlu melakukan scroll ke samping.
  • Warna yang digunakan website satu sama lain saling mendukung sehingga memudahkan pengunjung untuk membaca isinya. Warna putih pada background dan Heading yang berwarna biru serta isi konten yang diberi warna abu-abu sangat cocok dan tidak membuat mata sakit saat melihatnya. Warna yang digunakan di seluruh jurusan pun konsisten, mungkin untuk beberapa orang ini membosankan. Namun, apabila dilihat dari kacamata Komunikasi, hal ini justru perlu untuk dilakukan. Dengan design dan warna yang sama antar satu dengan jurusan yang lainnya, pengunjung pun tahu bahwa website tersebut merupakan bagian dari Binus University. Kualitas informasinya bersifat valid dan tidak usah diragukan, hal ini penting mengingat sekarang banyak website tiruan yang muncul untuk penipuan.
  • Bar navigasi memberi petunjuk kepada pengunjung website di halaman website mana yang sedang mereka lihat
  • Gambar/Photo yang ada pada website baik itu di bagian “Home” ataupun bagian website lainnya memiliki size yang kecil sehingga tidak memerlukan waktu yang lama saat kita ingin melihatnya.

Konten Website:

Konten website jurusan Marketing Communication Binus University membuat pengunjung betah untuk berlama-lama ada di website karena menyajikan berbagai informasi yang menunjuang untuk semua kalangan baik kalangan internal (re:mahasiswa) Marketing Communication Binus University maupun external. Ada kolom News yang kontennya seputar kegiatan yang dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa jurusan Marketing Communication dan prestasi yang berhasil diraih oleh Dosen dan Mahasiswa.

Selain itu, ada kolom artikel yang berisikan tulisan tentang perkembangan dunia Ilmu Komunikasi sendiri yang sedang terjadi, seperti pembahasan tentang Self Image Branding dan Media Komunikasi misalnya. Seluruh konten website jurusan Marketing Communication Binus University di-update secara rutin sehingga bisa kita simpulkan bahwa pihak jurusan memang menangani website ini secara serius.

Informasi Mengenai Jurusan Marketing Communication Binus University:

Website

Di website jurusan Marketing Communication Binus University bagian atas yang sudah saya tandai dengan kotak hitam tertera option About Us, Structure, People, Lomba News Anchor & Presenter, dan Talent Test. Informasi mengenai jurusan di bagian “About Us” merupakan salah satu bagian dari website yang bagus karena memberi tahu secara jujur ke semua pihak apa visi & misi dari jurusan dan memberi tahu mata kuliah apa saja yang akan didapatkan oleh mahasiswa.

Struktur Jurusan Marketing Communication pun diberitahukan secara jelas dan dosen-dosen yang dilibatkan dalam pengajaran terdapat profilnya sehingga kredibilitas pengajar dan jurusan pun tidak usah diragukan lagi. Satu yang perlu diperbaiki adalah bagian “Lomba News Anchor & Presenter” karena lomba ini sudah selesai pada bulan Maret (sesuai keterangan website) sehingga ada baiknya untuk dihapus saja. Hal ini dapat memicu kesalahpahaman pengunjung yang menganggap kompetisi tersebut masih berlangsung.

Website1

Di bagian bawah website jurusan terdapat bagian “Future Students”, salah satu bagian informasi yang penting bagi calon mahasiswa/i yang berminat untuk bergabung menjadi bagian dari jurusan Marketing Communication Binus University. Terdapat bagian location yang sangat berguna bagi calon mahasiswa/i dari luar DKI Jakarta yang berminat untuk bergabung menjadi bagian dari Binus, di bagian ini dituliskan lokasi mana saja yang dapat dikunjungi beserta contact person-nya. Dan yang paling penting, ada link untuk download e-brochure Binus University sehingga calon mahasiswa tidak lagi perlu menanyakan hal seperti jurusan apa saja yang ada di Binus dsb ke bagian Admisi, tetapi hanya tinggal download e-brochure yang sudah disediakan di website.

Website2

Di bagian paling bawah terdapat link Social Media (Facebook & Twitter) yang dapat semua orang follow dengan mudah apabila tertarik untuk mengikuti perkembangan berita & kegiatan yang menyangkut Binus University.

Kesimpulan:

Menurut saya, website jurusan Marketing Communication Binus University sudah bagus secara design namun yang perlu diperbaiki adalah kualitas foto di bagian news ataupun artikel. Terdapat banyak foto yang sebenarnya tidak layak untuk ditayangkan di website jurusan Marketing Communication. Mungkin, kedepannya untuk menjamin kualitas pengambilan gambar sebaiknya dilakukan oleh kamera DSLR dan apabila tidak memungkinkan, bisa dengan mengajak atau koordinasi dengan KLIFONARA (Klub Fotografi Bina Nusantara) untuk membantu dalam pengambilan gambar kegiatan.

Monica Krisna

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s