Tips Magang Untuk Mahasiswa

shutterstock_317783753

Hari ini gue mau bagi-bagi informasi seputar internship aka magang aka pkl, bebas lo nyebutnya apa. Gue sendiri kemaren ini magang bukan karena kesadaran sendiri (HAHAHAHAH) tapi udah kegiatan wajib dari kampus yang gue lakuin. Jadilah…. selama semester 5 kemarin gue magang kurang lebih 6 bulan yang tentu aja membawa pengalaman, tangisan (seimbang bok semakin banyak nangis-nangis maka semakin banyak pengalaman begitulah asam garam kehidupan hahahaha), ketawa, banyak lah nano nano deh. Gue yakin di luar sana masih banyak orang clueless kaya gue dulu yang diharuskan magang sama kampusnya. MAU MAGANG TAPI BINGUNG MULAI DARI MANA. Ya kannnn? πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

Pengalaman gue sendiri, berharap ke kampus gak mungkin. Kenapa? Yah walaupun kampus gue katanya sih World Class University dan punya bagian karir sendiri yang ngurusin karir mahasiswanya baik yang belom lulus ataupun udah wisuda, siapalah aku mak? Bukannya pesimis loh tapi ada 28000 mahasiswa yang mereka urusin juga, boro-boro inget lu belom punya tempat magang, disuruh nyari data diri mahasiswa lo aja mungkin mereka minta waktu seminggu! Hahahahaha. Dapet tempat magang dari orang tua sendiri? HADUH!!!!! Emak gue sehari-harinya jualan makanan, bapak gue kerja di pemerintahan. Kalopun ada koneksi, gak bakal nyambung deh. Jadilah…. kemarin pencarian tempat magangΒ judulnya adalah ALL BY MYSELF – CELINE DION alias usaha sendiri kakak.

Yuuuuuk mari kita nyanyik dulu! πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

Langkah pertama yang gue lakukan adalah MEMILIHΒ TEMPAT MAGANG. YES people, udah usaha sendiri pun dan sadar gak punya koneksi sama sekali gue masih PERCAYA DIRI buat memilih tempat magang. HAHAHAHA. Memilih tempat magang di sini maksudnya adalah apakah lo mau terjun di start up, perusahaan multinasional, perusahaan FMCG, PR Agency, Advertising Agency, Digital Agency, atau apose apose apose. Gue sendiri dari dulu selalu bercita-cita (ceileh hahahaha) habis lulus S1 mau terjun ke Advertising Agency jadi lah mayoritas CV gue berujung ke e-mail hrd Advertising Agency. Percaya gak percaya, dari duluuuuu banget tiap kali ada yang nanya gue mau magang di mana gue jawab mau di Ahensi, tapi apa daya gue sempet ke bawa arus temen-temen gue yang mau masuk perusahaan ini ono itu non ahensi. Endingnya? Setelah interview sama user di perusahaan-perusahaan non ahensi pasti deh abis itu gak ada kabar lagi, PATAH HATI KANNNNN!!!!!! Dan interview kemaren pas di ahensi tempat gue magang cuma menghabiskan waktu 5 menit aja sama (mantan) supervisor gue. Gilingan padi kan? Bahkan dese kagak tanya kenapa gue mau magang di sono, cuma di tanya biasa nulis di mana, tau lowongan dari mana, udah abis ituuuu lancar jaya. Jadi, pesennya satu: jangan ngikutin kata orang, ikutin kata hati aja bok! Jodoh aja gak kemana apalagi tempat magang #ahsedap πŸ˜† πŸ˜†

Setelah udah menentukan tempat magang idaman, lo harus mempercantik CV dan yang gak boleh terlupakan adalah membuat cover letter. Cover letter apa sih kak? Googling sendiri ya cyin. Alasan kenapa cover letter tuh penting buat kita pas melamar magang/kerja adalah HRD setiap harinya menerima ratusan bahkan ribuan e-mail pelamar kerja. Gue aja nih yang nulis e-mail selalu pake cover letter, beberapa perusahan cuekin kok apalagi lo gak pake cover letter? Yudadah babay, tuh e-mail pasti langsung di delete deh sama HRD! Lo gak dilirik perusahaan bukan karena gak punya skill yang mumpuni tapi gara-gara gak tau etiket mengirim e-mail yang bener, sedih kan kalo gitu. Oh ya, cover letter ditaro di body e-mail yah jangan lo attach juga, itu mah sama aja bakal end up di trash! Hahahahaha. Hmm.. dan cv lo kalo dalam bentuk pdf please lah compress dulu, gak ada yang mau download cv lo cyin kalo lebih dari dua mb. Biasanya anak design cantumin portfolio setiap mau magang/melamar kerja, upload aja di Behance dan cantumin link-nya di e-mail buat memudahkan hrd ngeliatnya.

Nah, CV dan cover letter udah jadi. Abis itu ngapain? CARI PERUSAHAAN DONGGGG!!!! Nggak usah ya ngomongin di Indonesia, di Jakarta aja perusahaan itu buanyaaaaaak!!!!! Jadilah gue membuat filter terlebih dahulu sebelum cari perusahaan:

[1] Harus Adertising/Digital Agency

[2] Lokasinya jangan jauh-jauh dari rumah akika mengingat tiap hari bakal naik kendaraan umum

[3] Katanya sih magang itu mencari pengalaman, tapiiiii kalo bisa sekaligus mencari duta alias dutrek kenapa nggak? πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

Banyak banget yang nyari magang terus googlingnya cuma “lowongan magang”, believe me kalo lo ketik keyword kaya gitu doang BANYAK SEKALI LOWONGAN YANG MUNCUL dan hasilnya gak fokus sama lowongan magang yang lo inginkan. Belom ditambah lowongan magang yang udah expired dari tahun jebot pun bakal muncul, males banget kan buang-buang waktu kaya gitu? Gue sih males ya! Ada banyak saran yang gue bisa berikan dalam hal mencari tempat magang:

[1] Buat cari lowongan mending kalian sering-sering tengok @kampusupdateΒ dan @IDstudentjob, di sono banyak banget lowongan buat para mahasiswa yang lagi mencari lowongan magang kaya kita gini. Buat lo yang punya minat sama kaya gue alias mau terjun ke ahensi, belom sah kalo belom gabung Ahensi Ex Ahensi, facebook group khusus anak ahensi ini isinya macem-macem mulai dari lowongan pekerjaan, lowongan magang, sharing ini itu, asik dah dijamin gak rugi buat join.

[2] Banyak temen-temen gue yang ragu buat kirim CV karena udah drop duluan begitu liat persyaratannya, saran gue….. ya coba aja. Nothing to lose. Gue dulu pas cari tempat magang, ada kali ngirim ke 20 perusahaan baik itu ahensi dan non ahensi ya. Ada yang endingnya sampe udah interview sama user, ada yang gue males nanggepin karena testnya disuruh bikin design poster (Please dehhhh!!! Gue bukan anak DKV dan anak magang clueless kaya gue jangan disuruh multitasking bisa mabok emmm hahahaha), ada yang kayanya dia tertarik tapi begitu tau gue baru bisa mulai kapannya dia jadi gak tertarik hire gue, dan ada juga yang gak kasih respon sama sekali. SAKING GUE PENASARANNYA, ada dua perusahaan yang gue ngotot kirim CV sampe dua kali tapi tetep aja no respon. Kekeuh is my middle name, em? Hahahahahaha πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† Intinya, gpp kok kirim CV ke banyak perusahaan! πŸ˜€

[3] Saat mauΒ ngelamar magang jangan pernah terpaku sama satu posisi doang. Maksud gue begini….. gue ini kan sebenernya jurusan Public Relations tapi sedari awal gue udah paham bahwa gue bisa kok ambil posisi lain pas magang selain Public Relations. Makanya kemaren pas ngelamar magang karena gue sih ngerasanya (LAGI-LAGI KEPEDEAN hahahaha) kelebihan gue ada di bidang tulis menulis yasudah liriknya mayoritas ke lowongan social media specialist intern. BUAT YANG MASIH BERANI-BERANINYA NGOMONG KE GUE “Ihhhhh enak amat urusin social media doang” (((DOANGGGG))) SLAP! SLAP! SLAP!!!! Believe me, ngurusin social media sama susahnya kok kaya pekerjaan lain di luar sana yang kadang bikin marah kadang bikin nangis kadang bikin mabok kadang bikin urat kepala keluar semua, tapi kalo udah di approve sama supervisor dan client lega setengah mati. Hahahaha. Btw, nih beberapa konten social media yang gue kemaren handle bisa dilihat di akun Behance eke, yang ada di sono beberapa aja ya cyin secara kalo dimasukin semua konten yang gue bikin selama 6 bulan magang yamalihhhh kagak bakal selese-selese πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

[4] Kalo udah di hubungi sama HRD, ya saatnya belajar-belajar tentang perusahaan itu dongggg secara lebih mendalam biar kalo ditanya-tanya nanti pas interview gak a i u e o kaya kambing conge. Hahahaha. Banyak juga lho HRD atau user yang tanya model “Kamu kan ngelamar posisi xxxx, kamu udah tau belom jobdesc dari xxxx itu ngapain?!” Jadi, please yaaaaa tolong banget kalian sebelum melamar sebuah pekerjaan musti tau kira-kira gambaran besar job desc dari posisi yang kalian lamar itu ngapain.Β 

[5] Gue gatau saran gue ini aneh apa nggak tapi akan tetep gue bagi ke kalian semua πŸ˜† πŸ˜† Saran gue, kalian jangan melakukan kegiatan magang di pemerintahan. TO WEW WEW! Kaget gak denger saran gue? Hahahahaha. Gue melihat sendiri temen gue yang magang di Kementrian anu anu anu yang kalo nyebutnya sih depan orang emang bangga gimana gitu ya tapi pas ditanya disono ngapain, mereka kebanyakan nontonin rapat anu lah ini lah itu lah mentok-mentok paling repot disuruh rekap data dan ujung-ujungnya apa? MEREKA PUSING SENDIRI PAS NULIS LAPORAN MAGANG karena mereka bingung musti nyeritain kerjaan yang mana secara yang diceritain musti ada hubungannya sama mata kuliah. Garuk-garuk kepala gak sih lo? Kalo lo emang punya rasa ingin tahu yang besar alias kepo akan banyak hal, terjun ke ahensi! Mau itu PR ahensi kek Advertising kek Digital Ahensi kek, kalian bakalan dapat banyak pengalaman! LITERALLY BANYAK PENGALAMAN. Kenapa begitu? Karena kalian bakal dikasih tanggung jawab handle lebih dari satu client, hari ini ngurusin sunblock, besok urusin lipbalm, besoknya lagi kopi. Begitulah nasib gue kemaren yang sebenernya gue tangisi saat itu tapi kalo dipikir-pikir lagi… AKUH BERUNTUNG DAPET KESEMPATAN SEPERTI ITU! Ujung-ujungnya narsis em? πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

Monica Krisna

Advertisements

One Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s