Review [Amatir] Laptop ASUS A455L

giant_29771

sumber

Seperti yang gue udah bilang beberapa waktu lalu, di akhir tahun 2015 laptop gue rusak sodarah-sodarah. Kalo orang lain panik dot com, gue waktu ini mah panik pangkat dua alias bukan panik lagi melainkan udah menjurus SENEWEN TIAP HARI. πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† Pas ngadu ke emak gue, tau gak reaksinya gimana?

M: Ma, laptop monic rusak lhoooo. Mau liat jadwal gak bisa jadinya gak tau nanti kelasnya ada di mana (pereussssss padahal dari hp bisa hahahaha), mau ngerjain tugas gimana (ini beneran!), mau belajar buat uas gimana gak bisa download file pptnya (ini beneran!)….

Mama: Hah laptopnya rusak? Kamu sih pake laptopnya blablablablablablablablablabla. *tiada-hari-tanpa-ceramah*

M: Ya enggak lah ma. Itu mah laptopnya emang udah butut aja! (seperti biasa gak terima disalahin hahahaha)

Mama: Masa sih? Bukannya laptop bisa tahan sampe 15 tahun ya????

B: *kakak-gue-yang-diem-aja-daritadi-nyelak* Mama kira laptop kaya kulkas bisa tahan 15 tahun! πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

EPIC KAN SODARAH-SODARAH EMAK GUE NGIRA LAPTOP BISA TAHAN 15 TAHUN. Rumah aja tiap berapa tahun sekali musti di renovasi biar awet, ini lagi laptop barang elektronik yang gak bisa di renovasi bisa tahan 15 tahun. Kek mana caranya? πŸ˜† πŸ˜†

raw

Gue kan semakin ke sini semakin ngerti ya psikologis emak gue kalo dia tuh gak bisa dipaksa-paksa masalah ginian melainkan yang gue bisa lakukan hanyalah pasang muka muram durja tiap hari dan monolog hal-hal sejenis di depan nyokap gue

β€œAduh, temen monic belom bales-bales chat nih, gak tau nih kelasnya di Anggrek apa di Syahdan. Entar tau-tau di Anggrek lagi padahal monic udah ke Syahdan”

β€œMonic pulangnya maleman ya soalnya mau ke kost-an temen Monic dulu pinjem laptop buat ngetik tugas”

β€œAduh bentar lagi UAS musti ke warnet nih download file ppt-nya sekalian print…”

β€œMonic mau ke kost-an temen Monic dulu, mau numpang kerjain forum”

Catet, monolognya pake suara sedih dan ekspresi pasrah!!!!! πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

Akhirnya emak gue gak tahan setelah seminggu gue melakukan hal sejenis dan suruh gue cari tahu jenis laptop yang gue mau beli yang mana dengan pesan khas emak-emak Indonesia β€œGak usah yang mahal-mahal!!!” πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† Karena gue anak yang berbakti, tentu aja gue pun menuruti apa kata emak gue dan berujung membuat keputusan untuk beli ASUS X455L core i3.

Nah, biasanya orang-orang review produk setelah seminggu dua minggu pemakaian, kali ini gue setelah satu tahun lebih pemakaian jadi review ini sahih!!! Yuk mari kita mulai….

[1] Harganya Murah

Buat gue pribadi, harga Asus X455L ini murah untuk ukuran laptop karena diangkut sama emak gue dengan harga kurang lebih sekitar 4,7 juta sajah. Alasan gue bilang ini murah karena laptop gue yang dulu aja (Acer tahun 2010) pas beli seinget gue 5,5 juta. Jadi, kalo orang biasanya ganti gadget itu dengan yang lebih mahal nah gue yang lebih murah! Tapi, walopun jauh lebih murah paling enggak core nya udah i3 dan nggak stuck di dual core lagi.

[2] Laptopnya Enteng

Laptop Asus X455L ini jauh lebih berasa enteng kemana-mana dibanding laptop Acer gue, bener-bener tipis deh. Gue gak tau sih berapa persis beratnya tapi yang pasti karena laptop ini gak berat-berat amat, pas magang gue memutuskan untuk tiap hari pulang pergi bawa laptop ini. Padahal, di kantor gue bisa lho nitip laptop di loker dan catet sodarah-sodarah pas magang gue naik angkot dan kopaja. Di kopaja pun gak selalu beruntung langsung dapet tempat duduk jadi ada kalanya lho gue berdiri sambil menahan beban ransel yang berisikan laptop gue ini. Kebayang kan entengnya gimana?

[3] Ice Cool

Salah satu yang bikin gue cinta mati sama laptop Asus X455L ini karena laptop ini punya yang namanya ice cool. Ice cool ini maksudnya bikin laptop gak cepet panas apalagi sampe bunyi kaya motor lagi nge gas. Sumpah, gue dulu takut banget tiap kali laptop gue panas apalagi mesinnya sampe menderu-der, takut meledak mak! Makanya begitu ngerasain laptop ini gak pernah panas samsek ya tentu aku gembira! Hihihi.

[4] Kapasitas Hard Disknya Gede

Gue gak tahu sih spesifikasi HDD nya berapa yang tertulis di buku tapi kalo gue liat laptop sendiri, kapasitas local disk C & D totalnya 464 GB. Sumpah, ini ngebantu banget pas kemarin magang karena kenyataannya gue musti nyimpen beratus-ratus foto dengan ukuran setiap fotonya itu kisaran 10 Mb dan gue baru hapus-hapusin setelah semua laporan magang gue kelar semua.

Dengan besarnya HDD, gue juga bisa menyimpan berbagai video dari Youtube yang mau gue tonton tapi gue ngeri takut diapus sama Youtube atau pemiliknya, yaudah gue download aja dulu deh!!! πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

[5] i3

Sodarah-sodari silahkan judge aku karena gue gak ngerti bedanya i3, i5, i7. πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† Tapi, yang pasti laptop Asus X455L ini udah i3 aja. Buat gue yang gak main aplikasi design setiap saat tentu aja gue pilih i3, beda sama temen-temen gue yang emang tiap hari kerjaannya sama Photoshop apalagi Illustrator kebanyakan pasti milih yang i7 karena emang berpengaruh banget sik. Pake i7 aja kadang loadingnya bikin emosi, apalagi pake i3? Baek-baek kaya gue yang pas magang kerjaannya tinggal nyeplokin visual image ke logo aja kadang emosinya terombang-ambing.

Gimana enggak?

Pas lagi detik-detik deadline dan lagi nyeplokin logo ke gambar tau-tau Photoshopnya error sodara-sodara. *elap-keringet*

Kalo tadi udah ngomong yang bagus-bagusnya aja, nah sekarang kekurangan dari Asus X455L menurut gue….

[6] Kualitas Speaker

Buat gue pribadi kualitas speaker dari Asus X455L ini oke sih buat denger lagu tapi mending kalo lo pasang volume full entah kenapa di kuping gue berasa speakernya sember mak πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† Jujur aja, dulu gue suka banget lho pake laptop lama buat nyalain lagu di laptop pas mau tidur malem saking suaranya emang oke (i know ini kebiasaan buruk) tapi semenjak pake laptop baru ini udah gak pernah kaya gitu lagi ya abis sember mak. Yang tadinya gue mau tidur dengan nyanyian yang syahdu malah bisa bete gara-gara denger suara sember πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† Jadilah gue sekarang mau dengerin lagu selalu pake headset dimanapun dan kapanpun.

[7] Kualitas body laptopnya

Kualitas body laptopnya bener-bener payah deh karena cat bodynya yang di bagian samping-samping keyboard udah ada yang ngelopek (((NGELOPEK))). Makanya, sekarang gue hati-hati banget deh pake nih laptop ngeri botak gak sik? πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

[8] Kualitas Webcam

Dengan harga yang sudah gue sebutkan di atas, gue emang sedari awal udah gak expect webcamnya bakalan bagus sik. Ya istilahnya, tahu diri dan gak banyak nuntut lah! πŸ˜† πŸ˜† Buat gue pribadi kualitas webcam yang kaya gini gak begitu mengganggu karena toh gue gak sedang menjalani LDR. Ya kan? πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† Buat yang LDR dan sering skype sama pacarnya mending jangan beli laptop ini deh karena kualitas webcamnya bener-bener bisa bikin lo ragu yang di seberang sana pacar lo apa bukan πŸ˜† πŸ˜†

Sekian review amatir ini, semoga membantu orang-orang yang mau cari laptop murah dengan spesifikasi yang lumayan.

Monica Krisna

Leave a Reply

