Bikin Konten Doang?

content-marketing-question-ss-1920

Source

Gue selalu sebel sama orang yang suka ngomongnya “Bikin konten doang”. Doang-nya itu loh bener-bener mengusik bibir gue untuk menghujat.

BIKIN KONTEN GAK SEGAMPANG BIKIN ONAR CYIN. *cubit-mulutnya*

Kalo misalkan orang-orang yang ngomong itu gue tau latar belakangnya pernah ngerjain konten dan ide dia mengalir lancar, gue sih bisa langsung oke deh sip. Tapi….. kenyataannya yang ngomong “Bikin konten doang” itu orang-orang yang gak pernah sama sekali bikin konten. Gausah ngomongin konten sebulan deh, bikin konten buat periode seminggu aja gue yakin orang tuh belom pernah. Nyebelin banget kan?!

Tadi……. Gue lagi sama temen gue menuju office di kampus yang nanganin program intern karena gue abis nyoba proses seleksi perusahaan yang ditawarkan kampus makanya mau coba nanya hasil seleksinya ke sana. Pas lagi ngantri, eh ketemu sama salah satu temen gue…. Mengalirlah pembicaraan seputar ngapain kita di sini, udah ngelamar intern di mana aja, sampe akhirnya kita berdua bilang lagi ngelamar di XXX nih.

Terus tuh orang tanggepannya….

“Di XXX cuma bikin konten doang????”

Idih…….. penasaran deh yang suka menyepelekan suatu pekerjaan itu kalo disuruh kerjain pekerjaan yang dia sepelekan hasilnya gimana yah?

Setelah gue pikir-pikir dengan baik dan tidak mengedepankan emosi (tsah…..) bikin konten yang menarik itu adalah salah satu pekerjaan yang sangat menguntungkan lho tapi gak gampang! Gak percaya?

Itu contohnya influencer-influencer ibukota, emang kerjanya ngapain? Ya segala macam dia ootd sambil megang product lah, gendong anak depan big ben pegang sabun cuci piring, edit video buat di upload di akun Youtubenya ya masuk dalam golongan bikin konten.

Dan kalo emang bikin konten itu segampang satu tambah satu sama dengan dua, orang yang bilang pake embel-embel “doang” itu pasti deh sekarang udah jadi influencer juga. Coba siapa sekarang yang gak mau jadi influencer? Yang jawab nggak mau mah munafik! Lu aja seneng nyet kalo likes lo lebih dari 100 di Instagram, itu artinya lo seneng juga kan kalo postingan lo bisa menghasilkan duit. C’mon….

Sayangnya….. yang ngomong “doang” emang umumnya gak paham gimana susahnya bikin konten. Gimana susahnya bikin copy yang menarik, yang bisa bikin orang mau engage sama akun kita. Bikin copy aja udah pusing, belom visual image. Walaupun ada yang namanya Shutterstock, tetep aja bingung! Milihin yang tone warnanya sesuai sama kemauan client, nyari muka yang Asian looks, dan belom tentu juga ada gambar yang sesuai sama copy. Kalo gak ada ya mau gak mau produksi sendiri minta bantuan sama photographer. Selesai? Belom! Nunggu si photographer edit poles-poles dikit begitu dikirimin fotonya musti diceplokin logo. Emang gampang? Keliatannya sih gampang ya tapi kalo secara repetitif keseharian lo gitu, lama-lama mabok. Lama-lama pusing.

Kalo bikin konten tuh segampang itu, pasti deh anak-anak ahensi gak bakal ada yang…..

……. Ngedumel dalem hati kalo tiba-tiba client minta revisi. CARI IDE TUH SAMA SUSAHNYA KAYA CARI PEMBANTU TAUK!!!!!

Gue udah sejak lama mengkritisi orang-orang yang demen menyepelekan sebuah pekerjaan ini jadi supaya gak menjadi orang menyebalkan seperti itu, gue selalu terbiasa….. BERTANYA!!!!

Kemarin di YYY positionnya apose?

Jobdescnya apose apose apose?

Menurut gue ini jauh lebih nice loh. Maksud gue….. ya at least gue bertanya lhooooo ya bukan menghakimi dengan kata-kata “doang” itu! Idih….

Gue rada “kesentil” ya apalagi kalo bukan kemaren 8 bulan nangis-nangis darah bikin konten. SAMPE SAKIT-SAKITAN COY!!!!! Pernah suatu kali hari Jumat pulang kantor masuk kamar terus saking capeknya langsung ketiduran, bangun-bangun orang mah cari hp ya, tau gak gue gimana?

GUE LANGSUNG MIKIR “WHATTHEFU_K! MATIK! Editorial plan gue belom kelar! Udah jam berapa nih?!” Terus baru inget, kalo hari itu hari Sabtu. Bayangkan……. Segitunya tuh pressure hidup gue dulu bikin konten. Apa kerjaan begini pantes disandingkan dengan kalimat “doang”?

Gara-gara banyak yang mikir bikin konten itu segampang satu tambah satu, gue melihat banyak postingan lowongan yang embel-embelnya “Social Media Specialist” atau “Social Media Officer” tapi jobdescnya segambreng. Malah…. pernah loh gue melihat ada lowongan Social Media Specialist yang mana minta si pelamar musti punya skill photoshop yang mahir!!!! Ebuset….. mau cutting budget perusahaan juga gak gini-gini amat. Berasa balik ke zaman kumpeni gak sih? Anak social media disuruh bikin design, ya mejret. Please deh, kadang kita aja nyeplokin visual image ke logo kaya dikejar-kejar setan kok gara-gara saking sibuknya.

Monica Krisna

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s