Mood: Kompetitif

Sebenernya, gue tuh pada dasarnya nggak kompetitif. Makanya, mau temen gue punya smartphone paling mahal kek sepatu paling empuk kek tas branded kek tiap semester ip nya kepala 4 kek, gue gak pernah sama sekalipun iri. Saking nggak pernah irinya, gue justru malah menyemangati temen-temen gue beli barang dengan cara tiap kali liat barang bagus yang gue kira sesuai dengan personality mereka masing-masing pasti deh langsung gue screenshot dan kirim ke orangnya. 😆 😆 😆

Tapi, gue inget beberapa tahun lalu si Ratu Elizabeth pernah bilang “Ih, lu sekarang gue liat-liat kompetitif juga ya…” karena melihat gue begitu rajin belajar saat UTS/UAS dan dengan sangat yakin menolak ajakan dia ngopi-ngopi.

MASA SIHHHH??????????

AH…. NGGAKLAH!!!!

Saat itu gue cuma merasa musti bertanggung jawab aja sama emak bapak gue yang udah susah-susah kuliahin gue. Salah satu bagian dari dewasa adalah bertanggung jawab sama pilihan yang udah diambil tho? #aih #pret Hahahahaha.

Tapi, sekarang gue baru menyadari kalo gue tuh emang masuk dalam golongan kompetitif juga dan ini nggak bisa gue pungkiri menjadi salah satu hal yang membuat gue stress akhir-akhir ini. Orang-orang sekeliling gue kompetitif karena emang mereka punya jiwa itu, sedangkan gue? Gue kompetitif karena kalo gue nggak kompetitif pasti deh diberi pandangan “Oh ternyata kemampuan lo segitu doang….” Dan percayalah gue udah capek di underestimate jadilah sekarang gue menjadi manusia fake.

Pura-pura atau bisa dibilang TERPAKSA KOMPETITIF.

HAHAHAHAHAHAHA.

Dikelilingi orang-orang kompetitif menurut gue lelah lahir batin jiwa raga karena pada dasarnya gue itu orang yang nggak suka ‘dinilai’ terang-terangan. Seperti yang kita tahu, orang kompetitif itu pada dasarnya bukan saja senang menjadi yang terbaik tetapi senang membuat orang-orang lain tahu bahwa dia lebih baik daripada orang-orang sekelilingnya.

Akhir-akhir ini gue seringkali mendapat pertanyaan…..

“Lo dapet nilai berapa?

“Lo udah dapet tempat magang?”

“Gajiya berapa?”

“Posisinya apa?”

FUCK!!!!!!!

Sekali lagi, biar hati gue puas….

FUCKKKKKKKKKK!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Gue gak munafik, gue juga mendapatkan sensasi perasaan senang kok ketika gue bisa mendapatkan nilai yang lebih tinggi daripada orang yang menanyakan nilai gue itu. Tapi, dibanding perasaan senang, yang mendominasi gue justru lebih ke rasa lelah karena ya balik lagi, gue nggak suka ‘dinilai’ terang-terangan. Peduli setan kan sebenernya gue dapet nilai berapa dan catet….. gue nggak pernah nanya nilai orang berapa. PEDULI SETANNNNNN!!!!!!!!!

Yang lebih bikin gue sebel, benci, dan marah adalah pertanyaan-pertanyaan seputar magang. Gue marah bukan karena gue belom dapet tempat magang tapi gue marah karena balik lagi ke awal….. please deh…. Sampe kapan sih gue musti terus-terusan ‘dinilai’ secara terang-terangan kaya gini?

Suatu kali pas lagi ngobrol-ngobrol sama temen, tiba-tiba salah satu tanya gue udah dapet magang apa belum karena gue orangnya takut kalo bohong nanti malah jadi gimana-gimana, ya gue berterus terang kalo udah dapet tempat magang. Tapi, pas orang itu bertanya ‘dimana’ gue cuma jawab ‘Ada lah…..’.

And you know what, salah satu temen gue yang lain malah ngomong “Udah sih bilang aja, jawaban lo itu membuat lo terlihat sombong tau….”

Really?

Really?

WHAT THE FVCK!!!!!!!!!

Satu-satunya alasan gue untuk tidak menjawab pertanyaan karena gue tahu kalo gue menjawab, pertanyaan akan terus mengalir dan itu artinya gue tiada akhir akan secara terus ‘dinilai’.

Kejadian terakhir yang membuat kepala gue semakin panas adalah ada salah satu temen di kampus yang bukan circle gue out of nowhere manggil cuma buat tanya ‘gue magang dimana?’, ‘Jadinya pilih perusahaan yang mana?’ blablablablabla yadda yadda yadda yadda. Nih ya, yang perlu ngana tau….

[1] Lo bukan circle gue di kampus atau di belah dunia manapun

[2] Pentingnya apa sih lo tau gue pilih perusahaan yang mana?

[3] Gue nggak pernah publish gue keterima di perusahaan di mana, lagi menjalani interview di mana sama elo, gimana elo bisa tau? Hhhhhh.

[4] Kelakuan lo yang ngomong “Oh lo keterima di xx (jumlah) perusahan? Gue pikir lo keterima di xxx (jumlah) perusahaan soalnya kemarin ada yang bilang gitu sih sama gue itu genggeus parah”

Yang tadinya gue lagi ketawa-ketawa jadi….

MARAH!!!!! MARAH!!!!!!! MARAH!!!!!!

Udah menyebalkan dengan ‘menilai’ gue terang-terangan pake secara nggak langsung nuduh gue ngibul lagi sama temen-temen deket gue. SON OF BITCH!!!!! Apa pula untungnya gue bohong? Please deh, di kehidupan sehari-hari aja gue selalu menghujat-hujat orang kongtay!!!! Bener-bener minta ditampol pake serenceng biskuat banget kan?!?!?!

Kalo yang menilai gue pihak-pihak berwenang seperti dosen, supervisor, direktur perusahaan tempat gue kerja sih nggak masalah ya….. lha ini? SAPEEEEE ELU?!?!?! Gue berusaha sebaik mungkin dalam setiap aspek di kehidupan buat bikin diri gue senang, bukan buat ‘dinilai’ sama orang!!!!!!!

Monica Krisna

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s